• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TJKPD Babel Awasi Keamanan Pangan di Puncak, Crisco dan Pasar Kite

Selasa, 15 Mei 2018 | 14:38 WIB
Tim Jejaring Kemananan Pangan Daerah saat memeriksa keamanan salah satu bahan makanan. Foto : Rama/klikbabel.com

Klikbabel.com, Sungailiat - Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (TJKPD) Provinsi Bangka Belitung melakukan pengawasan keamanan pangan, Selasa (15/5/2018) di sejumlah tempat perbelanjaan di Kabupaten Bangka.

 

Fairuz selaku Koordinator TJKPD mengatakan, tim terpadu yang dibentuk oleh Gubernur Bangka Belitung tersebut dilakukan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah beberapa waktu kedepan. ''Ini memang dibentuk oleh Pak Gubernur untuk siap siaga melakukan pengawasan menjelang bulan Ramadhan sebentar lagi. Kita gabungan, ada dari Badan Ketahanan Pangan provinsi Babel, ada juga dari BPOM, Polda Babel, juga Dinas Kelautan dan Perikanan Babel,''jelasnya.

 

Untuk di kabupaten sendiri, terdapat 3 lokasi yang menjadi titik pengawasan tim terpadu tersebut, seperti Puncak Store, Pasar Kite Sungailiat dan PD Crisco Sungailiat.

 

Ia melanjutkan, hingga saat ini memang ditemukan beberapa pelanggaran berarti dari para penyedia barang pangan tersebut. Salah satunya yakni lebel harga barang yang menjadi keharusan toko terkait saat menjajakan dagangannya. ''Kalau di sini (PD Crisco) kan sudah termasuk modern, jadi lebel harga itu harus ada. Takutnya ada indikasi tipuan terhadap pembeli prihal harga itu,''ungkapnya.

 

Kelayakan tempat usaha juga menjadi penilaian tim pengawas pangan ini, seperti kebersihan tempat usaha atau pusat pembelanjaan yang harus bersih dan sesuai standar. ''Hari ini kita beri peringatan, tapi kalau hari H puasa tidak ada lagi peringatan. Akan langsung kita tindak,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com

Topik