Klikbabel.com


Sering Bangun Tidur Kesiangan Bikin Gampang Sakit

Selasa, 15 Mei 2018 | 08:28 WIB
Ilustrasi bangun pagi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Berbeda dengan bangun pagi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, bangun tidur kesiangan justru buruk bagi tubuh. Ini dikarenakan, semakin siang Anda bangun tidur, maka semakin banyak tubuh melepaskan hormon stres.

Normalnya, tubuh memang akan secara otomatis melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol untuk membuat Anda lebih “melek” dan waspada begitu bangun tidur. Meski begitu, semakin siang Anda bangun semakin banyak hormon stres yang dilepaskan.

Kadar hormon stres yang berlebihan dalam tubuh tidak hanya membuat mood buruk, namun lama-lama juga berdampak negatif pada kesehatan tubuh.

Kristen Knutson, profesor neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine, menyatakan orang yang tidur larut malam 2 kali lipat lebih berisiko untuk mengalami gangguan psikologis, 23 persen lebih berisiko mengalami gangguan pencernaan, dan 22 persen lebih tinggi terkena penyakit pernapasan.

Selain itu, kebiasaan begadang memungkinkan seseorang untuk melakukan kebiasaan yang tidak sehat, seperti makan tengah malam, minum alkohol, merokok, dan bahkan memakai obat-obatan terlarang.

Efek Kerja Shift Malam

Akibatnya, orang yang tidur larut malam dan bangun lebih siang memiliki kadar gula darah, trigliserida, dan kolesterol jahat (LDL) yang lebih tinggi karena kebiasaan tidak sehatnya tersebut. Berbagai gangguan metabolik ini kemudian menjadi akar masalah dari banyak penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner dan diabetes.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Northwestern University Feinberg School of Medicine dan University of Surrey Inggris melaporkan, risiko kematian dini akibat penyakit kronis meningkat hingga 10% pada orang-orang yang suka begadang daripada orang yang rajin bangun pagi.

Penelitian ini dilakukan selama 6,5 tahun pada lebih dari 400 ribu orang dewasa di Inggris. Nah, mulai sekarang jangan keseringan lagi bangun kesiangan ya untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Suara.com