Klikbabel.com


Hadiri Mandi Belimau, Mulkan : Tradisi ini Harus Terus Dilestarikan

Senin, 14 Mei 2018 | 12:39 WIB Dibaca sebanyak 86 kali
Cabup-Cawabup Bangka Mulkan-Syahbudin saat menghadiri tradisi Mandi Belimau. Foto : Ist

Klikbabel.com, Sungailiat - Mulkan dan Syahbudin selaku Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bangka turut mengikuti prosesi budaya mandi belimau, Minggu (13/5/2018).

 

Tradisi tahunan ini guna membersihkan diri dan mensucikan hati sebelum menjalankan puasa ramadhan. "Ini budaya yang baik dan bagus untuk kita teladani, Alhammdulillah dapat bergabung disini supaya kita benar-benar siap menjalani puasa," jelas Mulkan.

 

Ia melanjutkan, setiap manusia tak luput dari penyakit hati, sehingga melalui budaya mandi belimau ini bisa merenungi kesalahan-kesalahan yang telah dilakukan baik sengaja mau pun tidak sengaja dan budaya mandi belimau sendiri,  diturunkan pejuang asal Kabupaten Bangka, Depati Bahrain.

 

Hal tersebut juga dianggap patut untuk dilestarikan dan dikembangkan di lingkungan masyarakat. ''Kita akan lestarikan budaya ini sebab mandi belimau budaya yang tidak dimiliki setiap daerah, apalagi budaya ini berkaitan erat dengan keagamaan,'' ungkapnya.

 

Syahbudin, Calon Wakil Bupati Bangka juga menambahkan budaya mandi belimau merupakan budaya turun temurun yang sudah dilaksanakan sejak puluhan tahun, sehingga harus menjadi perhatian khusus untuk dilestarikan. "Jangan sampai hilang. Ini budaya kita sendiri. Orang tua harus tetap menanamkan hal ini bagi kaum muda supaya bisa dijalankan seterusnya,"tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com