Klikbabel.com


3000 Obor Meriahkan Sambut Bulan Ramadhan 1439 H

Minggu, 13 Mei 2018 | 10:53 WIB Dibaca sebanyak 149 kali
Pawai obor masyarakat Pal 4. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1439 H yang tinggal menghitung hari, Ikatan Muda Mudi Daya Baru (IMADA) menyelenggarakan pawai obor dengan tema "Pawai Obor Akbar 3000 Culok Ramadhan 1439 H", Sabtu ( 12/05/2018 ) malam.

 

Pawai obor ini merupakan tradisi nenek moyang masyarakat Pal 4 yang secara turun temurun selalu dilakukan pada saat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. 

 

Bupati Bangka Barat, Parhan Ali sangat mengapresiasi masyarakat Pal 4 yang tetap mempertahankan tradisi nenek moyang ditengah zaman modernisasi. Dimana perkembangan teknologi semakin maju. Tradisi ini dilaksanakan setiap tahun dengan kemasan yang lebih baik. 

 

"Kami menyambut baik dengan adanya tradisi seperti ini, karena tradisi seperti ini mempunyai nilai - nilai positif yang berguna untuk kedepannya. Kami disini melihat kekompakan dan kerjasama yang baik antar masyarakat terutama para pemuda dan pemudi sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik," Kata Parhan. 

 

Untuk itu, bupati berharap agar tradisi ini dapat terus dilestarikan, dan menjadi aset wisata budaya Kabupaten Bangka Barat sehingga keberadaannya dapat mendukung kepariwisataan yang bisa dinikmati masyarakat luas di Bangka Barat maupun luar Bangka Barat. 

 

Setelah membuka acara pawai obor, bupati beserta para undangan dijamu dengan kudapan makanan khas lebaran lengkap dengan lauk pauknya seperti ketupat, lepat, sambal asam, ayam kari dan lain sebagainya.



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com