• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dolar Tembus Rp14 Ribu, Buah Impor Ikut Mahal

Rabu, 09 Mei 2018 | 19:13 WIB
Udin, pedagang buah di Pasar Pagi. (Foto : Dinda/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Nilai tukar Rupiah ke Dolar AS yang menyentuh Rp14 ribu membuat harga buah impor seperti apel Fuji, anggur merah, anggur hitam dan lemon semakin mahal. Hal ini diungkapkan Udin, seorang pedagang buah yang berlapak di Pasar Pagi Pangkalpinang. 

"Saat dolar naik harga buah-buah impor naik, rata-rata naiknya harga buah berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu,  seperti apel Fuji yang sekarang di banderol Rp50 ribu perkilogram, anggur merah Rp70 ribu, anggur hitam Rp100 ribu dan lemon Rp55 ribu perkilogram, " ungkapnya.

Sementara, kenaikan buah yang paling signifikan adalah jeruk sunkist, sehingga membuat pedagang tidak berani untuk menjual jeruk yang berasal dari California tersebut. 

"Namun dari semua ini jeruk sunkist yang paling tinggi naiknya, dulu bisa di jual Rp25 ribu perkilogram tapi sekarang kita terpaksa jual Rp40 sampai Rp45 ribu perkilogram. Ini membuat saya berhenti dulu jualan jeruk sunkist," terangnya.

Harga ini dijelaskannya akan terus naik hingga bulan Ramadhan nanti,  dan kemungkinan besar harga buah lokal juga akan ikut menanjak naik. "Harga buah impor kemungkinan akan terus naik, tidak hanya buah impor buah lokal pun akan terus naik, seperti semangka yang kemungkinan akan di jual Rp10 ribu perkilogram," jelas Udin.



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com