Klikbabel.com


Nelayan Sadai Bersaing dengan Nelayan Compreng

Selasa, 08 Mei 2018 | 10:28 WIB
Perahu nelayan sadai. Foto : Wiwin/klikbabel.com

Klikbabel.com, Tukak Sadai - Kondisi cuaca di laut salah satunya di perairan Sadai, Kecamatan Tukak Sadai Bangka Selatan, membuat pendapatan nelayan setempat mengalami penurunan. Menurut Zulfikar salah seorang nelayan Sadai mengatakan, cuaca yang belum bersahabat tersebut sudah terjadi sejak dua minggu yang lalu sehingga nelayan harus berlabuh lebih jauh membuat biaya operasional yang dikeluarkan lebih mahal

"Pendapatan kami berkurang, karena anginnya kencang. Jadi nelayan, selain pendapatan ikannya menurun, biaya operasional yang kita keluarkan juga lebih besar karena kita harus menangkap ikan lebih ketengah. Ditambah lagi kami harus bersaing dengan nelayan yang menggunakan compreng," ungkapnya kepada wartawan, Senin (7/5/2018).

Menurutnya jika cuaca normal, para nelayan kecil bisa menghasilkan ikan tangkap sebanyak 100 kg sekali turun, sedangkan untuk nelayan besar yang menggunakan alat tangkap yang lebih besar bisa menghasilkan 1 ton untuk sekali turun. Sementara itu, Rano yang juga nelayan Sadai berharap agar adanya bantuan alat tangkap yang lebih besar dari pemerintah sehingga dapat meningkatkan pendapatan nelayan.

"Kami ini kan nelayan kecil, jadi alat tangkapnya juga masih minim, ditambah lagi dengan cuaca buruk seperti ini, otomatis pendapat kami sangat menurun. Jadi kami berharap adanya bantuan alat tangkap yang lebih besar guna meningkatkan pendapatan kami nelayan kecil ini," harapnya.



Penulis  : Wiwin
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com