• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Menkes : Malaria di Babel Sangat Luar Biasa

Selasa, 08 Mei 2018 | 12:42 WIB
Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek.Foto : net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek mengatakan, penyakit malaria di Babel sangat luar biasa. Hal ini diakibatkan banyaknya lubang-lubang yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan. "Aktifitas pertambangan di Babel ini yang menimbulkan lubang-lubang yang menjadi penyebab berkembangnya nyamuk-nyamuk. Jadi diharapkan tutuplah kembali lubang-lubang bekas aktifitas pertambangan. Setelah digali di tutup kembali. Jadi masyarakatnya jangan hanya menyalahkan Dinas Kesehatan namun juga mereka sendiri," tutur Nila dalam rapat koordinasi di Pemprov Babel, Selasa (8/5/2018).

Nila juga berharap peran dari Dinas Pendidikan untuk mengenalkan lebih dalam lagi kebersihan dan kesehatan untuk menghindari penyakit yang bisa membawa kepada kematian. "Untuk itu diminta juga peran Dinas Pendidikan untuk mengenalkan kepada murid-murid mengenai kebersihan dan kesehatan,  agar tidak terjangkit malaria," tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Babel Mulyono menjelaskan, selama 5 tahun kedepan akan lebih memfokuskan untuk menangani penyakit yang di akibatkan nyamuk, seperti malaria. "Memang dalam 5 tahun kedepan kita lebih memfokuskan untuk menangani penyakit-penyakit dari nyamuk seperti malaria, karena memang Babel kemarin sempat luar biasa penyakit malaria ini," ungkapnya. Untuk itu Dinkes akan melakukan eliminasi malaria yang disebabkan nyamuk Anopheles betina ini. "Untuk itu kita akan melakukan eliminasi terkait penyakit malaria, dan ada 2 kabupaten yang belum kita eliminasi dan berharap pada tahun 2020 kita akan lakukan itu dan lebih fokus lagi," terangnya.

 

 



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com