• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Libur Lebaran, Perbankkan Mulai Layani Nasabah 19 Juni

Selasa, 08 Mei 2018 | 07:48 WIB
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memastikan bahwa perbankan membuka transaksi kliring pada tanggal 19 Juni 2018.

Hal tersebut menyusul keputusan pemerintah yang telah menetapkan tidak ada perubahan pada jadwal cuti bersama Lebaran 2018. Artinya, cuti bersama masih mengacu kepada ketetapan yang dituangkan dalam SKB tiga menteri pada April lalu. 

Dengan demikian, cuti bersama lebaran 2018 menjadi tujuh hari, yaitu tanggal 11, 12, 13, 14, 18, 19, dan 20. Dengan demikian total libur Lebaran 2018 menjadi 10 hari. Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, perbankan akan mulai melayani transaksi terbatas pada 19 Juni berbeda dari ketetapan libur pemerintah.

"Yang sudah pasti tanggal 19 Juni itu ada kliring. Kalau ada kliring otomatis bank buka," ujarnya di Jakarta, Senin (5/7/2018). Wimboh mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk mendukung transaksi di pasar modal yang juga aktif pada tanggal 20 Juni 2018. Bank Indonesia juga mengupayakan hal serupa dengan membuka transaksi kliring pada 19 Juni 2018.

"Bursa diputuskan tanggal 20 buka sehingga kliring tanggal 19 buka untuk persiapan mendukung bursa,' jelas dia. Untuk itu, perbankan memiliki pilihan untuk melayani transaksi terbatas atau tetap melayani transaksi nasabah. Keputusan itu merupakan hak dari masing-masing institusi bank.

"Banknya mau buka terbatas monggo saja,yang penting settlement-nya jalan, atau mau buka full silakan aja. Bank-bank juga sekarang hari Minggu buka, silakan saja . Kalau nasional libur bank mau buka kan boleh," kata Wimboh.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : okezone.com