Klikbabel.com


DPRD Babel Usulkan Raperda Pengendalian Lingkungan Hidup

Selasa, 08 Mei 2018 | 13:05 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - DPRD Bangka Belitung membuat usulan Raperda tentang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup. Raperda ini merupakan rancangan Perda inisiatif DPRD Babel. Kasubbag Risalah Rapat dan Fasilitasi DPRD Babel Eko Sentosa menjelaskan, usulan ini dibuat untuk melakukan penanggulangan dan pemulihan lingkungan hidup secara efektif.

Eko mengatakan, adanya rancangan perda ini dapat mengatur pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup yang terdiri dari upaya pencegahan, penanggulangan dan pemulihan. "Upaya pencegahan dilakukan dengan mengoptimalkan berbagai instrumen pencegahan yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup," kata Eko, kemarin (8/5/2018).

Upaya penanggulangan dilakukan dengan mengatur penanggulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan dari segi tanggung jawab maupun tahapan operasional, termasuk alternatif sumber pendanaan dan upaya penegakan hukum yang ditempuh ketika pihak yang bertanggungjawab tidak melakukan kewajibannya.

Upaya pemulihan dilakukan dengan membebankan bentuk-bentuk pemulihan kepada setiap orang, baik pengusaha atau kegiatan yang melakukan pencemaran atau lingkungan berdasarkan prinsip pencemar membayar. "Adanya perda ini juga mengatur operasionalisasi dana jaminan lingkungan hidup yang dibebankan kepada para pelaku usaha dan kegiatan untuk digunakan pada penanggulangan pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup tertentu dan pemulihan kondisi lingkungan hidup," ujarnya.



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com