Klikbabel.com


Lomba Napak Tilas Kebangsaan untuk Lestarikan Sejarah

Senin, 07 Mei 2018 | 07:57 WIB
Bupati Babar Parhan Ali melepas peserta lomba napak tilas kebangsaan. Foto : Ira/klikbabel.com

Klikbabel.com, Muntok - Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat melaksanakan lomba Napak Tilas Kebangsaan di Pesanggrahan Muntok. Kegiatan Napak Tilas ini bertujuan untuk mengenang kembali aktifitas Presiden RI Soekarno dan beberapa pemimpin lainnya.

Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali mengatakan bahwa kegiatan ini bukan semata-mata perlombaan, namun bertujuan untuk melestarikan serta mengenang sejarah dan mengenang perjalanan tokoh-tokoh proklamator RI yang diasingkan di Muntok. "Kabupaten Bangka Barat dengan ibu kota Muntok dikenal sebagai kota tua kota bersejarah, kota seribu kue dan sebagai anggota jaringan kota pusaka di Indonesia," katanya, Minggu (6/5/2018).

Untuk itu, dirinya mengharapkan kepada generasi muda penerus bangsa agar dapat melestarikan, mengingat dan mengenang perjuangan para tokoh-tokoh kemerdekaan RI yang diasingkan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau dan ditemui pada masa itu. Senada dengan Parhan, Gubernur Babel, Erzaldi menyampaikan napak tilas dari Muntok untuk Indonesia ini adalah hal yang luar biasa, karena ini adalah sejarah besar dari pemimpin kita dahulu Pak Soekarno, beliau menyusun strategi dan berdiplomasi serta menjalankan roda pemerintahan saat itu dari Muntok.

"Kalau ini tidak kita lestarikan, tidak kita ketahui atau tidak kita dorong masyarakat untuk mengetahui tentang sejarah ini, nanti lambat laun nantinya ini akan hilang. Jadi kegiatan ini adalah salah satu untuk memotivasi anak-anak bangsa dan para pemimpin bangsa ini," ujar Erzaldi.

Erzaldi juga sangat mengapresiasi tema yang diangkat dalam napak tilas ini, yaitu dari Muntok untuk Indonesia, kedepannya dirinya juga mengharapkan lomba napak tilas ini akan lebih meriah dan mendapatkan respon langsung dari masyarakat luas. Sehingga Pemerintah Provinsi pun dapat turut serta membantu untuk kegiatan seperti ini, dan peserta dari sekolah yang ada di Bangka Belitung maupun masyarakat Bangka Belitung ini dapat ikut serta hingga lebih meriah lagi dan akan meningkatkan rasa cinta tanah air.

 



Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com