Klikbabel.com


Libur Lebaran 11-20 Juni, Simak 8 Pertimbangan Pemerintah

Senin, 07 Mei 2018 | 12:31 WIB Dibaca sebanyak 129 kali
Pengumuman libur dan cuti bersama Lebaran 2018. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Serangkaian proses pembahasan dan pertimbangan untuk pengambilan keputusan tentang libur dan cuti bersama Idul Fitri 1439 Hijriah telah selesai. Pemerintah tetap pada keputusan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang cuti bersama 11,12 dan 20 Juni 2018. Hanya saja dalam keputusan terbarunya ini ada delapan poin yang menjadi dasar libur 2018.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan, pertama pemerintah memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat yang mencakup kepentingan masyarakat luas tetap berjalan seperti biasa, seperti rumah sakit, telekomunikasi, listrik air minum, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perbankan, imigrasi, bea cukai, perhubungan dan lain sebagainya.  "Kedua, setiap kementerian dan lembaga akan menugaskan pegawai yang tetap bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," tuturnya, di Kemenko PMK, Jakarta, Senin (7/5/2018).

Ketiga, PNS yang tetap bekerja untuk melayani masyarakat pada saat cuti bersama, dapat mengambil cuti di waktu lain tanpa mengurangi hak cuti tahunannya. Keempat, transaksi pasar modal dan bursa akan dibuka pada 20 Juni 2018, dengan ketentuan pelayanan perbankan akan diatur oleh Bank Indonesia (BI).  "Kelima, cuti bersama di sektor swasta merupakan bagian dari cuti tahunan pekerja yang bersifat fakultatif, sehingga pelaksanaannya dilakukan atas kesepakatan antara pekerja dengan pengusaha dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan," tuturnya.

Keenam, Kemenhub akan mengatur semua stakeholder pelabuhan agar dapat bekerja dan melayani kegiatan pelabuhan selama masa cuti bersama Idul Fitri. Ketujuh, empat Menko akan mengeluarkan instruksi kepala kementerian terkait untuk melaksanakan penugasan pelayanan publik dan pengaturan pegawai pemerintah. "Terakhir kedelapan, setiap K/L akan menindak lanjut pengaturan hal tersebut dengan menetapkan instruksi dan atau surat edaran," tuturnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Okezone.com