• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bumdes Jeriji Mulai Kembangkan Objek Wisata Sungai Little Amazon

Senin, 07 Mei 2018 | 08:12 WIB
Kelompok Bumdes Jeriji saat melakukan survey dan tinjauan ke Sungai Little Amazon (Wiwiwn/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Batin Jiwat Desa Jeriji tahun ini mulai mengembangkan Objek Wisata Sungai yang diberi nama Little Amazon sesuai dengan bentuk sungainya yang mirip anak sungai amazon dengan rerimbunan hutan gelam dan rasau (Tumbuhan air yang daunnya berduri).

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Bumdes Batin Jiwat Desa Jeriji, Wiwin Suseno. Menurutnya sejak ditetapkannya kepengurusan Bumdes Batin Jiwat Desa Jeriji melalui musyawarah desa, pihaknya mulai menggali potensi desa yang bisa dikembangkan untuk mendongkrak Pendapat Asli Desa (PADes)salah satunya potensi sungai yang ada di Desa Jeriji

"Sebelumnya kami memang sudah melalukan survey bersama Ibu Ekawati Justiar ke sungai kami tersebut untuk melihat potensi yang ada di sungai tersebut, Alhamdulillah saat kita ditetapkan sebagai pengurus Bumdes kita langsung memasukkan pengembangan pariwisata sungai kita ke dalam salah satu program jangka pendek kita. Apalagi saya sudah pernah dikontak oleh Tim Pesona Indonesia wilayah Batam beberapa waktu lalu terkait Pengembangan Objek wisata Little Amazon tersebut," ungkapnya kepada wartawan pada 4/5/2018.

Menurutnya, ada beberapa potensi pariwisata yang bisa dikembang di sungai tersebut yakni Wisata Permainan air, Wisata Pemancingan dan Wisata Sejarah Makam Batin Jiwat (Sesepuh Desa Jeriji). 

Ia berharap dengan berkembangnya potensi pariwisata tersebut nantinya akan menciptakan PADes Jeriji melalui penyewaan alat permainan air, sewa Sport pemancingan, sewa perahu dan paket kuliner khas lempah kuning ikan segar sungai Jeriji yang akan disajikan di Shelter-shelter yang akan di bangun di sepanjang pinggiran sungai.

"Untuk pengembangan destinasi wisata baru di desa kami tersebut tentunya kami sangat membutuhkan dukungan masyarakat jeriji, Pemdes Jeriji, BPD, komponen Desa Jeriji lainnya, Pemkab Basel, Pemprov Babel maupun pihak ketiga agar bisa berjalan dengan lancar karena kami sudah mendesain pengembangan objek wisata tersebut dan bulan depan akan segera digarap," tutupnya.

Sementara itu kepala desa Jeriji A. Iswandi, SP berharap Bumdes Jeriji dapat menggali berbagai potensi desa yang ada untuk dikembangkan sehingga nantinya bisa benar-benar menjadi ujung tombak pendapatan asli desa yang nantinya berujung kepada kesejahteraan masyarakat.

"Kami tentunya selalu mendukung berbagai program yang dikembangkan oleh Bumdes Jeriji dengan menggali berbagai potensi yang ada di desa kami salah satunya potensi wisata sungai sehingga Bumdes Jeriji nantinya memang benar-benar mampu menjadi ujung tombak PADes Jeriji," ungkapnya

Oleh karena itu dirinya mengajak seluruh masyarakat desa jeriji untuk mendukung pengembangan objek wisata tersebut dan program-program Bumdes lainnya agar nantinya bisa memberikan pendapatan bagi desa yang selanjutnya bisa dimanfaatkan untuk mensejahterakan masyarakat Desa Jeriji.



Penulis  : Wiwin
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com