Klikbabel.com


TNI dan Polri Dilibatkan dalam Distribusi Beras

Sabtu, 05 Mei 2018 | 09:49 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Jakarta - Stabilitas harga bahan pokok, khususnya beras kerap menjadi masalah. Terkadang terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan. Apalagi menjelang hari-hari besar keagamaan. Menanggapi hal itu, Direktur Utama Bulog, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso (Buwas) berencana melakukan terobosan guna menjaga stabilitas harga bahan pokok terutama beras.

Mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu akan melibatkan TNI dan Polri dalam pendistribusian beras. Nantinya beras itu akan dijual langsung di Polsek-polsek atau Koramil. "Dari tangan Bulog langsung ke Polsek ke Koramil untuk diedarkan pada masyarakat dengan standar harga yang sudah kita tentukan," ungkap Buwas di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/5/2018). Langkah ini diambil agar mempermudah masyarakat mendapat beras dengan harga standar. Dalam pelaksanaannya, penjualan beras ini juga hanya untuk perorangan, setiap warga hanya bisa membeli maksimal 10 kilogram.

"Untuk mempermudah masyarakat. Langkah ini aman karena tidak bisa dipermainkan. Jadi stabilitas harga bisa terjamin. Penjualannya orang per orang karena setiap orang hanya bisa menerima kemasan 5 kilogram, 10 kilogram," jelas Buwas. Sistem penjualan beras di Polsek dan Koramil itu akan menggunakan sistem barcode. Sehingga Bulog dapat memantau proses transaksi jual-beli ini. "Kita melakukan sistem barcode. Setiap penjualan terdeteksi oleh kita. Hari ini misalkan Polsek mengeluarkan sekian ratus kilogram, kita tahu itu," imbuh Buwas.

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Jawapos.com