• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Orang Bangka Mainkan Peran Pertahankan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 05 Mei 2018 | 22:24 WIB
Prof. Dr. Meutia Farida Hatta. Foto : net

Klikbabel.com, Muntok - Acara Sarasehan Sejarah dengan tema "Roem Royen Statement" memang begitu menarik karena menghadirkan beberapa pakar sejarah Indonesia. Salah satunya, Prof. Dr. Meutia Farida Hatta.

Dalam kesempatannya, putri sulung Muhammad Hatta ini menjelaskan jika orang Bangka memang memainkan peran dalam sejarah mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. 

"Ini penting buat orang Bangka supaya tahu bahwa sebetulnya Bangka itu memainkan peran di dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan untuk itu anak-anak Bangka tidak boleh melupakan sejarah itu," kata dia, kemarin (5/5/2018).

Sementara, Bupati Bangka Barat, Drs. H. Parhan Ali dalam sambutannya mengatakan, satu keberhasilan perjuangan diplomasi yang mengantarkan kepada pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda. Perundingan Indonesia - Belanda yang berlangsung dari 14 April hingga 7 Mei 1949 itu dipimpin oleh Mr. M. Roem, dengan wakil delegasi Mr. Ali Sastroamidjojo, 2 orang tokoh republik yang diasingkan Belanda di Bangka.

"Hal ini memberikan informasi bahwa Bangka tidak saja tempat pengasingan bagi mereka, tetapi justru mengubah Bangka menjadi pusat perjuangan lewat jalur diplomasi bagi upaya kemerdekaan Republik Indonesia," katanya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan generasi muda di Bangka pernah mengalami bagaimana para tokoh republik membakar semangat nasionalisme dalam interaksi langsung seperti diskusi, pidato, pengajaran-pengajaran oleh para tokoh besar seperti Bung Karno, Bung Hatta, Mr. M. Roem, H  Agus Salim dan lainnya.

"Hal itulah yang menjadi kekayaan sejarah yang terkandung di kota ini. Dengan semangat itulah juga kami pemerintah daerah Bangka Barat mencoba melestarikan kembali semangat itu dalam rangkaian acara ini," terangnya.

 

 

 

 

loading...
loading...


Penulis  : Ira
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com