Klikbabel.com


TPID Berkomitmen Jaga Stabilitas Harga Jelang Ramadhan dan Hari Raya Idhul Fitri

Kamis, 03 Mei 2018 | 13:50 WIB Dibaca sebanyak 80 kali
Kepala BI Babel, Tantan Heroika (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang -Tekanan inflasi Provinsi Bangka Belitung (Babel) diperkirakan akan tetap terjangkar pada sasarannya yaitu 3,5±1%. Namun, memasuki Bulan Suci Ramadhan dan Perayaan Hari Raya Idhul Fitri, tentu berdampak pada potensi kenaikan harga pada  kelompok Volatile Food  (VF) dan Administered Prices (AP), Hal itu tentu yang akan menjadi perhatian. 

Sementara itu, dalam kaitan ini, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas harga dengan fokus pada upaya menjamin pasokan, distribusi, serta menjaga ekspektasi inflasi.

"Perbaikan tata niaga agar lebih efisien menjadi salah satu upaya pengendalian inflasi yang cukup efektif. Akumulasi biaya logistik dari suatu komoditas akan lebih sedikit apabila tata niaga pada komoditas tersebut telah efisien sehingga harga yang terbentuk di tingkat konsumen akan lebih murah," ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bebel, Tantan Heroika.

Selain itu dikatakan Tantan, perbaikan tata niaga juga dapat mendukung upaya peningkatan kesejahteraan petani. Sebab, tata niaga yang efisien dapat mengurangi biaya produksi sehingga pada akhirnya akan meningkatkan disposable income petani yang juga berkaitan dengan daya beli.

"Penguatan sektor pertanian menjadi kunci untuk memecahkan masalah struktural inflasi di Babel. Selain dapat meningkatkan kemandirian pangan, penguatan sektor pertanian juga dapat memberikan multiplier effect dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat Babel, mengingat sebagian besar masyarakat Bangka Belitung berprofesi sebagai petani," jelas Tantan.



Penulis  : Yodea
Editor    : Suci
Sumber : Klikbabel.com