Klikbabel.com


Pedagang Ayam Minta Pemerintah Bangun BUMD Sektor Peternakan

Kamis, 03 Mei 2018 | 13:57 WIB Dibaca sebanyak 82 kali
Pedagang ayam potong di pasar modern Koba, Syamsuri (Riski Yuliandri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Koba - Pedagang ayam potong di Koba meminta pemerintah daerah untuk turun tangan terhadap monopoli yang dilakukan pemasok dalam menentukan harga.

Salah satu pedagang ayam di pasar modern Koba, Syamsuri mengatakan selama ini pedagang selalu berpatokan dengan harga yang dijual oleh pemasok utama. Bebeapa kali harga jual dinaikan oleh pemasok dengan alasan stok ayam berkurang dan banyak ayam mati.

"Harga ayam sekarang tergantung dari mereka (pemasok). Jika mereka mau naikan harga, pasti alasannya stok sedikit, kami juga pasti pasti ikutan naikin harga sesuai dengan modal kami," ungkapnya, Kamis (3/5/2018).

Untuk itu, ia berharap pemerintah bisa membangun BUMD disektor peternakan agar menekan harga jual yang saat ini tidak stabil. "Sekarang harganya kadang turun kadang naik. Kalau ada BUMD kita sendiri, kita tidak terpaku dengan harga pemasok lagi," tambahnya. 

Selain itu, pemerintah juga bisa mendapatkan keuntungan dengan adanya PAD dari BUMD tersebut sehingga saling menguntungkan. "Kalah ada BUMD peternakan ini, kami lebih mudah mendapatkan ayam, pemerintah juga dapat PADnya," terang Syamsuri.



Penulis  : Riski
Editor    : Suci
Sumber : Klikbabel.com