Klikbabel.com


Pos Polisi Dibakar, Mahasiswa UIN Diseret dan Kecebur Sungai

Selasa, 01 Mei 2018 | 20:05 WIB Dibaca sebanyak 358 kali
Polisi menangkap salah seorang anggota massa aksi yang diduga terlibat pembakaran pos polisi pada demo hari buruh di pertigaan kampus UIN Sunan Kalijaga, Jogja, Selasa (5/1/2018). Foto : HarianJogja.com

Klikbabel.com, Yogyakarta - Aksi memperingati Hari Buruh Sedunia yang digelar di pertigaan kampus Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (1/5/2018), berujung pembakaran pos polisi.

Seusai pos polisi di Jalan Raya Jogja-Solo itu dibakar, polisi memburu massa aksi perusak fasilitas publik itu ke dalam kampus. "Polisi menyisir ke dalam kampus, dapat satu mahasiswa dan diseret ke tengah jalan," ungkap Christoporus Sasongkoadji, saksi mata saat kejadian, Selasa (5/1/2018).

Setelah berhasil menangkap satu orang yang diduga pelaku pembakaran, polisi juga mengejar massa aksi yang menceburkan diri ke sungai. "Ada yang menceburkan diri ke sungai tapi tertangkap, jadi ada dua orang yang ditangkap, mahasiswa," papar dia.

Kericuhan aksi demo hingga penangkapan sejumlah manggota massa aksi itu menyebabkan jalan raya yang menuju bandara serta jalan antarprovinsi itu mengalami kemacetan karena jalan ditutup.

Kapolres Sleman Ajun Komisaris Besar Muchamad Firman Lukmanul Hakim menceritakan, pembakaran itu terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. "Situasi sudah kondusif, kejadiannya sore tadi," kata Firman di Yogyakarta, Selasa (1/5/2018).

Firman mengatakan, sempat terjadi pemblokiran jalan di pertigaan kampus UIN. Setelah pembakaran terjadi, puluhan Kepolisian Brimob bermotor langsung masuk ke kampus UIN Sunan Kalijaga untuk mencari pelaku.

Masuknya polisi tidak berlangsung lama. Polisi langsung keluar kembali. Firman mengatakan polisi masuk ke dalam kampus karena saat pembakaran terjadi, massa masuk ke dalam kampus itu. "Kami menghargai kredibilitas kampus, kami lagi cari pelakunya siapa? Kami nggak mau nuduh," kata dia.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com