Klikbabel.com


Perangkat Desa se-Basel Diberikan Pengetahuan Hukum Tentang Penyelenggaraan Pemdes

Selasa, 01 Mei 2018 | 11:02 WIB Dibaca sebanyak 135 kali
Bupati Bangka Selatan, Drs.H.Justiar Noer saat membuka acara Bimtek Pemdes se-Basel. (Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Batam - Perangkat Desa se-Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mendapat pengetahuan hukum tentang penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Pemdes) melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyuluhan dan Penanganan Permasalahan Hukum Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Bagi Aparat Desa se-Basel yang diselenggarakan oleh Apdesi Basel dan LPPKD.

Bupati Basel, Drs.H.Justiar Noer dalam pembukaan kegiata di ball room Planet Holiday, Batam Selasa (1/5/2018) mengatakan, dengan banyaknya regulasi baru terhadap desa serta peningkatan dana desa membawa konsekuensi besar bagi aparatur pemerintah desa.

"Dengan adanya sekian banyak regulasi baru terkait desa serta meningkatnya jumlah dana yang harus dikelola oleh desa, membawa konsekuensi yang besar dan berat kepada aparatur penyelenggara pemerintah desa," ungkap Justiar.

Ke depan, lanjut Justiar, Pemdes dituntut harus mempunyai kualitas SDM yang mampu melaksanakan tugas dan wewenang masing-masing secara optimal, memiliki kreatifitas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, memiliki pemahaman yang cukup dalam pengelolaan  keuangan desa, serta mampu meminimalisir potensi masalah yang mungkin timbul di desa, tidak hanya konflik antar desa melainkan juga permasalahan administrasi desa yang berujung kepada masalah hukum.

Narasumber kegiatan tersebut yakni Gani Muhammad, SH AP Direktur Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa Kemendagri, Tim Kejari Basel yang diwakili Kasi Datun Martin Luther dan Jaksa muda M. Kausar, Tim Polres Basel yang diwakili Kasat AKP. Rio Reza dan Kasat Binmas Iptu Selamet Riyadi, Kepala Inspektorat Dwi Agus.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com