Klikbabel.com



Pendiri dan CEO Tinggalkan WhatsApp

Selasa, 01 Mei 2018 | 10:49 WIB Dibaca sebanyak 71 kali
Pendiri WhatsAppn Jan Koum. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Pendiri dan CEO WhatsApp, Jan Koum, memutuskan mundur dari perusahaan yang didirikannya. Ia mengumumkan keputusannya tersebut lewat akun Facebook miliknya. "Sudah hampir setahun sejak aku dan Brian Acton memulai WhatsApp. Ini semua merupakan perjalanan berharga. Namun sekarang sudah saatnya aku move on," kata Koum mengawali.

Kendati memutuskan untuk meninggalkan WhatsApp, Koum mengaku akan tetap mendukung perusahaan yang ia dirikan sejak 2009 itu. Dalam postingan tersebut, ia tidak menjelaskan rencana selanjutnya. Ia hanya mengatakan akan melakukan hal-hal di luar teknologi, seperti mengoleksi mobil langka dan liburan.

"Aku meninggalkan perusahaan ini saat WhatsApp sudah menjadi lebih dari yang kubayangkan. Timnya sudah semakin kuat dan akan melanjutkan perjalanan yang lebih baik," lanjutnya.

Keputusan Koum untuk hengkang diapresiasi oleh CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Ia mengucapkan terima kasih atas semua yang telah dilakukan Koum. "Aku sangat bersyukur atas semua yang kamu lakukan untuk menghubungkan dunia. Aku juga bersyukur kamu telah mengajarkanku banyak hal, termasuk soal enkripsi," kata Zuckerberg.

Sebelumnya diberitakan, Koum sempat bentrok dengan direksi Facebook karena perbedaan strategi.  Pendiri WhatsApp lain, Brian Acton, sudah terlebih dahulu meninggalkan WhatsApp.

WhatsApp diketahui sangat memprioritaskan privasi pengguna dengan sistem enkripsi. Sementara Facebook banyak dikritik karena dianggap tidak peduli soal privasi.

Untuk diketahui, WhatsApp dibeli Facebook pada 2014. Dengan mahar mencapai 19 miliar dolar AS, pembelian WhatsApp dianggap sebagai salah satu akuisisi termahal yang pernah dilakukan Facebook.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : suara.com