Klikbabel.com


Bunga Deposito Bank Diproyeksi Naik

Selasa, 01 Mei 2018 | 13:08 WIB
Ilustrasi. Foto : net

Klikbabel.com, Jakarta - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memproyeksikan, ke depan suku bunga deposito perbankan akan mengalami kenaikan. Bunga di Tanah Air diperkirakan terimbas dari tren kenaikan bunga AS yang akan dinaikkan Federal Reserve sampai tiga kali pada tahun ini.

 

Halim Alamsyah, Ketua Dewan Komisioner LPS mencatat, suku bunga deposito bank besar BUKU III dan IV terakhir masih landai. Bank berkategori BUKU III dan IV ini adalah bank-bank terbesar dengan modal inti di atas Rp 5 triliun dan Rp 30 triliun.

 

"Bunga deposito terakhir cenderung menurun walau ada pelandaian. Di BUKU III dan IV bunga deposito cenderung landai, bahkan diproyeksi akan naik," kata Halim dalam konferensi pers, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Senin (30/4/2018).

 

Secara umum LPS mencatat, pada kuartal I-2018 dan pada April ini, pergerakan dana simpanan relatif normal. Tidak ada gejala penarikan dana berlebihan dari deposan. Selain itu, juga tidak ada indikasi keluarnya dana baik flight to safety maupun flight to quality.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Kontan.co.id