• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Sugianto : Pedas Cabai Kalahkan Pedas Lada

Senin, 30 April 2018 | 16:48 WIB
Sekda Bateng, Sugianto (Kiri kedua) pada kegiatan panen bersama tanaman cabai kelompok tani citra di Dusun Nadi Desa Perlang (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pedas cabai kini mengalahkan pedasnya lada, hal itu dilontarkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Sugianto dalam kegiatan panen bersama tanaman cabai kelompok tani citra di Dusun Nadi Desa Perlang, Senin (30/4/2018).

Kenapa tidak, menurut Sugianto hal tersebut diumpamakan dengan mahalnya harga jual cabai dipasaran yang telah melampaui harga lada di Provinsi Babel. 

"Ini kenyataan, Pada dasarnya harga lada lebih murah dibandingkan harga cabai. Jutru ini peluang yang bisa dimanfaatkan oleh petani cabai. Bahkan, kelompok tani di Bateng telah mampu memproduksi cabai ber ton-ton,"Katanya. 

Terlebih dikatakan Sugianto, produktivitas cabai dapat meningkatkan perekonomian petani cabai di Kabupaten Bateng itu sendiri. 
"Kan, banyak orang kaya baru di Kabupaten Bangka. Apalagi sekarang, harga lada semakin murah. Petani lada banyak yang nombok karena modal dengan harga tak sesuai," lugasnya. 

Dengan demikian, Sugiato berharap, pentingnya sinergitas Pemerintah Provinsi Babel, Pemeritah Kabupaten, BI dan instansi sebagainya dalam melakukan pembinaan pada petani cabai dan pada akhirnya berimbas terhadap pengendalian harga di pasar. 

"Kebutuhan memang hanya mampu memenuhi 53 persen kebutuhan pasar yang ada di Babel. Namun, jika dilakukan sinergi oleh puluhan petani dan pemerintah. Maka, kebutuhan cabai akan terpenuhi dan berdampak kepada stabilnya harga cabai di pasar," ucapnya. 



Penulis  : Yodea
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com