Klikbabel.com


Rencana Kenaikan Suku Bunga Acuan BI Jangan Dijadikan Masalah

Jumat, 27 April 2018 | 13:51 WIB
Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menanggapi kemungkinan Bank Indonesia meningkatkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Repo Rate. Menurut Darmin, langkah tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan oleh bank sentral untuk menghadapi situasi global.

"Ya itu kan bagian dari menghadapi situasi global, termasuk soal kurs jadinya ya biasalah," ujarnya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat (27/4/2018).

Menko Perekonomian mengatakan naiknya suku bunga acuan adalah cara BI untuk menjawab persoalan yang sedang dihadapi Indonesia yang terkena dampak dari ketidakpastian kondisi perekonomian dunia.


Namun, di sisi lain dirinya juga menegaskan agar semua pihak tidak terlalu memusingkan persoalan naiknya suku bunga. "Tidak usah dianggap terlalu banyak masalah. Kondisi ini jangan dianggap akhir dari semuanya, kan masih panjang prosesnya," tambahnya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo melalui konferensi pers menjelaskan kemungkinan naiknya suku bunga acuan jika tekanan terhadap rupiah terus berlangsung dan dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan pada Kamis (27/4/2018).

Tekanan terhadap rupiah dipicu oleh menguatnya mata uang dolar AS yang juga berimbas kepada mata uang lain. Selain itu, pelemahan ini juga didorong perilaku antisipatif pelaku pasar global menanggapi kenaikan Fed Fund Rate yang diprediksi akan terjadi hingga empat kali tahun ini.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com