Klikbabel.com


Pastikan Stok Beras Aman

Rabu, 25 April 2018 | 21:40 WIB
Ilustrasi beras bulog. Foto : net

    Klikbabel.com, Jakarta - Ketersediaan pangan menjelang bulan puasa hingga Hari Raya Idul Fitri dipastikan aman, terutama beras yang merupakan bahan pokok. Amannya stok pangan diharapkan bisa meredam gejolak harga yang bisa terjadi menjelang puasa dan Hari Raya Lebaran.

    Direktur Operasional Bulog Karyawan Gunarso mengatakan, pihaknya telah mendistribusikan beras Bulog ke seluruh wilayah Indonesia. "Pokoknya kalau untuk kebutuhan sampai misalnya bulan puasa, Idul Fitri, Natal, stok Bulog mencukupi," ujarnya usai rapat Satuan Tugas (Satgas) Pangan di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (25/4).

    Pihaknya pun terus menekan harga beras agar sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan oleh Kementerian Perdagangan. Yakni, harga beras medium di wilayah I sebesar Rp 9.450 per kilogram. "Tentu harapannya kalau bisa di bawah HET kenapa nggak,tapi target minimalnya HET," sebut Karyawan.

    Sementara itu, Ketua Satgas Pangan Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya kecurangan di pasar. Kalaupun nantinya ada, Satgas Pangan akan melakukan upaya persuasif terlebih dahulu.

    "Kita akan cek apakah ini di atas HET karena faktor ketersediaan atau faktor distribusinya. Ini kita akan teliti dulu. Kita tidak serta melakukan penindakan," jelasnya.

    Untuk stok daging sendiri, kata dia juga terbilang aman. Harganya memang untuk daging lokal masih di atas Rp 100 ribu. Tapi pemerintah memberikan alternatif dengan daging kerbau dan daging impor beku. "Harganya di tingkat pasar harus delapan puluh ribu. Kalau lebih akan ditindak. (Impor) dari India," tutur Setyo.

    Terkait cabai, harganya masih sangat tinggi di beberapa daerah yang bukan penghasil. Seperti di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Harganya di atas Rp 50 ribu. "Tapi nanti akan diupayakan dalam waktu dekat supaya bisa menurun dan terjangkau masyarakat," pungkas Setyo.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Jawapos.com