• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


IHSG Anjlok, Isu Libur Panjang Jadi Penyebab

Rabu, 25 April 2018 | 21:59 WIB
Ilustrasi IHSG. Foto : net

    Klikbabel.com, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam perdagangan hari ini terperosok sedalam 2,4% ke level 6.079. Net sell asing dalam perdagangan hari ini mencapai Rp 1,96 triliun.

 

    Tito Sulistio, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) mengatakan, penurunan indeks disebabkan oleh berbagai persepsi dari asing yang mendengar adanya libur panjang di pasar saham Indonesia. Tito menyebut, asing kemungkinan mengalihkan dananya terlebih dahulu.

 

    Sekadar mengingatkan, pemerintah menambah libur Lebaran sebanyak tiga hari, yaitu 11, 12, dan 20 Juni 2018. Ditambah cuti bersama, perdagangan BEI pada Juni nanti praktis hanya 12 hari. Tito mengakui, manajemen BEI banyak mendapat protes dari investor karena lamanya libur di BEI tersebut.

 

    "Dengan begini, uang orang mati 2,5 minggu. Tolong jangan hanya perhatikan macet jalanan, tetapi juga uang investor," kata Tito, Rabu (25/4). Dia meminta, setidaknya kliring tetap buka sehingga bursa bisa tetap buka. 

    

    Apalagi, dengan tambahan libur tiga hari tersebut, bisa dikatakan bahwa ini adalah rekor bursa tutup lama tanpa kejadian apapun. Saat ini, dikurangi weekend, libur bursa sudah mencapai 22-23 hari. Jumlah ini lebih besar dari rata-rata jumlah libur bursa yang ada di wilayah Asia Tenggara yang rata-rata adalah sebesar 18 hari.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Kontan.co.id