• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Harga Daging Ayam di Koba Naik Rp3 Ribu Per Kilogram

Selasa, 24 April 2018 | 16:51 WIB
Ayam potong yang dijual di Pasar Modern Koba, (Riski/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Koba - Sudah dua hari harga ayam potong di pasar modern koba mengalami kenaikan. Jika sebelumnya satu kilo ayam hanya dijual Rp35 ribu per kilogram sekarang menjadi Rp38 ribu.

Pedagang ayam di Pasar Modern Koba, Sijul mengatakan kenaikan tersebut karena harga ambil dari pengepul/pemasok utama juga mengalami kenaikan. "Kita ambil dari PT (pemasok) juga sudah naik, jadi kita juga naikan harganya. Kami beli hidup Rp29 ribu per ekor, dua hari lalu hanya Rp27 ribu," ungkapnya, Selasa (24/4/2018).

Menurutnya, saat ini harga ayam susah untuk ditebak karena masih tergantung dengan pemasok. "Sekarang ini tergantung sama PT, kalau dari mereka tinggi, penjual juga pasti ikut tinggi," tambahnya.

Dengan naiknya harga ayam tersebut, ia mengaku pembeli ayam potong juga mengurangi pembeliannya sehingga bisa merugikan para penjual.

Sementara itu Pedagang lainnya, Syamsuri mentakan kenaikan harga ayam tidak hanya dari pihak pengepul, namun pedagang juga keluhakan kecilnya ayam yang mereka dapat.

"Berat satu ayam yang diambil dari pemasok hanya sekitar 1,3 kilo per ekor. jadi selain mahal, ayam sekarang juga kecil-kecil, biasanya bisa mencapai 1,8 sampai dua kilo satu ekor," ungkapnya.

Meskipun tidak mempengaruhi keuntungannya, Syamsuri mengaku pelanggannya akan meminta carikan ayam yang besar. "Biasanya mereka mau yang besar-besar, kalah kecil kayak sekarang mereka justru lebih cerewet," tambahnya. 

Ia memprediksi, menjelang puasa, kemungkinan harga ayam potong akan kembali mengalami kenaikan harga. Menurutnya kenaikan harga ayam saat menjelang awal puasa tersebut sudah terjadi setiap tahun.

"Biasanya kalau mau puasa harga pasti naik, tapi naiknya berapa kita belum tau. Kami sebagai penjual hanya ngikuti harga dari pemasok saja," ungkapnya.

Meskipun begitu, ia mengatakan harga ayam tersebut akan kembali turun saat sudah mendekati hari H lebaran. "Kalau sudah pertengahan atau sudah mendekati lebaran, harganya akan kembali turun karena stoknya sudah banyak. Tiap tahun selalu seperti ini, jadi kita sudah hafal," terang Syamsuri.



Penulis  : Riski
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com