Klikbabel.com


PPS Desa Air Duren Sosialisasi Pilkada dengan Permainan Tradisional

Senin, 23 April 2018 | 14:36 WIB Dibaca sebanyak 145 kali
Permainan tradisional yang digagas PPS Air Duren sekaligus sosialisasi Pilkada Bangka. Foto : Ist

    Klikbabel.com, Mendobarat - Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Air Duren, Kecamatan Mendo Barat mengadakan Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tahun 2018 dengan cara berbeda seperti biasanya. Perlombaan tradisional yang dikemas dengan kearifan lokal, menjadi strategi yang digunakan PPS Desa Air Duren tersebut dan terbukti mampu menarik perhatian ratusan warga pada Minggu kemarin di halaman SDN 17 Air Duren.

    Ketua PPS Air Duren Rosmandi kepada klikbabel.com mengatakan, kegiatan sosialisasi melalui permainan tradisional ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi pemilih. ''Kita harap, melalui kegiatan seperti ini pesan yang disampaikan dengan menggunakan bahasa sederhana dapat diterima dengan baik oleh masyarakat yang hadir,'' jelasnya, Senin (23/4/2018).

    Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan sebagai upaya melestarikan permainan tradisional di Kabupaten Bangka, dan Bangka Belitung pada umumnya. Dilanjutkannya lagi, terdapat berbagai jenis permainan tradisional yang dilombakan, seperti lomba junjung dulang, bakiak batok, lari karung, setal suduk dan paku botol. ''Peserta tidak kita pungut biaya. Hadiahnya disiapkan berupa alat rumah tangga bagi pemenang lomba,''ucapnya.

    Sementara itu, M Hasan, Komisioner KPU Bangka yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh PPS Air Duren ini. ''Kegiatannya kreatif, partisipasi pemerintah desa serta ramainya masyarakat yang hadir menjadi bukti bahwa sosialisasi seperti ini efektif di mata masyarakat,''tegasnya.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com