Klikbabel.com


Jadi Konsumen Cerdas, Beberapa Hal Ini yang Perlu Diperhatikan

Minggu, 22 April 2018 | 20:49 WIB
Staff Ahli Menteri bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto (Topi Hitam) saat melepas peserta jalan santai di ATM Kota Pangkalpinang. (Foto : Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Pada Hari Konsumen Nasional (Harkornas) tahun 2018, Pemerintah Pusat mengajak masyarakat Provinsi Bangka Belitung (Babel) untuk menjadi konsumen cerdas di era ekonomi digital. 

Hal tersebut diutarakan oleh Staff Ahli Menteri bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga, Suhanto pada kegiatan jalan santai 24 km di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, Minggu (22/4/2018).

Suhanto juga menyampaikan, beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi konsumen cerdas salah satunya ialah teliti sebelum membeli apabila untuk produk olahan makanan tak lupa cek label beserta tanggal kadaluwarsanya. 

"Sementara untuk bahan elektronik agar menjamin keselamatan cek tanda SNI untuk barang yang telah diwajibkan SNI," jelasnya. 

Lebih lanjut, Ia juga meminta masyarakat agar membeli barang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. "Namun, yang tak kalah penting adalah selalu menggunakan produk buatan dalam negeri," ucapnya. 

Ia juga berharap agar kesadaran masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas yang sanggup memperjuangkan hak dan kewajibannya seperti yang telah dijamin Pemerintah dalam Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com