• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Persawahan Jangan Dialihfungsikan Jadi Perkebunan Sawit

Jumat, 20 April 2018 | 20:14 WIB
Areal persawahan di Basel. Foto : Wiwin/Klikbabel.com
Loading...

    Klikbabel.com, Toboali - Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Bangka Selatan (Basel) meminta warga untuk tidak menyalahgunakan fungsi areal persawahan. Hal ini menyusul adanya alih fungsi persawahan di Rias Toboali, dari persawahan ke perkebunan sawit. 

    Sekretaris Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Basel Rizal kepada wartawan menjelaskan, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada warga agar tidak melakukan perluasan dan tidak merevitalisasi lagi perkebunan yang sudah ada di areal persawahan tersebut.

    "Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut kami tidak arogan karena sudah terlanjur. Apalagi biaya mereka juga cukup besar, namun kami terus melakukan sosialisasi kepada warga terutama kepada pemilik kebun sawit di areal persawahan agar tidak memperluas maupun merevitalisasi kebun sawit yang sudah ada," ungkap Rizal, Jumat (20/4/2018).

    Jika warga lainnya maupun pemilik kebun sawit yang sudah terlanjur tersebut masih membandel dengan menambah luas Area perkebunan sawit diareal persawahan dan merivitalisasi kebun yang sudah ada, maka menurut Rizal pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

    Sementara Gubernur Babel Erzaldi Rosman juga meminta warga untuk memanfaatkan areal persawahan sesuai dengan fungsinya "Kebun sawit di areal persawahan kan tidak boleh dan mengganggu persawahan yang sudah ada.Namun bagi yang sudah terlanjur akan kita lakukan penyelesaian secara persuasif," ungkap Erzaldi.

Loading...


Penulis  : Wiwin
Editor    : A. Hairul
Sumber : klikbabel.com