• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


UKS Wujudkan Sekolah Bersih dan Sehat

Rabu, 18 April 2018 | 15:57 WIB
Program Pokok UKS. Foto : Ist

    Klikbabel.com, Pangkalpinang - Unit Kegiatan Sekolah (UKS) merupakan kolaborasi dan upaya terpadu lintas program dan lintas sektor yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

    Penyelenggaraan UKS merupakan kolaborasi yang erat antara sekolah dan puskesmas. Terdiri atas tiga pilar, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Programnya dilaksanakan oleh tim pelaksana UKS yang ada di setiap sekolah atau madrasah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto, Rabu (17/04/2018).

    Menurut Mulyono, sasaran pembinaan UKS meliputi anak usia sekolah yang dimulai dari satuan pendidikan TK/RA, SD/MI, SLTP/MTS, dan SMA/SMK/MA. "Kerjanya pun dilaksanakan melalui kerja sama lintas program dan sektor berdasarkan sSurat keputusan bersama empat menteri, yaitu menteri pendidikan dan kebudayaan, menteri kesehatan, menteri agama, dan menteri dalam negeri," ujar Mulyono.

    Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Bahuri menjelaskan bahwa kegiatan UKS ini diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan siswa dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. "Juga keterampilan hidup sehat dan sosial yang baik. Bermodalkan ini, siswa dapat belajar, tumbuh, dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya manusia yang berkualitas," jelas Bahuri.

    Bahuri melanjutkan bahwa usia produktif pada tahun 2035 merupakan mereka yang saat ini menjadi anak usia sekolah dan remaja. "Oleh karena itu, intervensi pada anak saat ini merupakan investasi bagi kita di masa yang akan datang," tambahnya. "Bonus demografi tersebut dapat mendongkrak tingkat kesejahteraan, kesehatan, dan pendidikan Indonesia. Namun, bila tidak diintervensi dengan baik sedari anak usia sekolah dan remaja, dapat menjadi pemicu masalah. Di sinilah UKS/M berperan," katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com