Klikbabel.com



Pesona si Biru Danau Kaolin Belitung

Rabu, 18 April 2018 | 11:00 WIB Dibaca sebanyak 180 kali
Hamparan air biru danau Kaolin, Belitung. (Foto : detik.com)

Klikbabel.com,Tanjungpandan - Belitung memiliki banyak objek wisata yang menarik. Tidak hanya pantai, pulau ini juga memiliki danau biru. Berbeda dengan danau pada umumnya, di Belitung kita bisa menemukan danau kaolin. Danau Kaolin adalah danau dengan air berwarna biru terang dan daratan yang berwarna putih. Danau ini sendiri terbentuk dari bekas tambang kaolin.  

Jika dilihat, sekilas danau ini mirip dengan kawah putih yang terdapat di Ciwidey, Bandung. Tetapi kedua tempat ini jelas berbeda. Jika kawah putih memiliki air yang panas, tidak halnya dengan danau ini. Meskipun begitu, di sisi danau ini diberikan pembatas agar pengunjung berhati-hati dan tidak memasuki dan turun ke area danau.  

Danau ini terletak di Desa Air Raya, Tanjung Pandan dan dapat ditempuh hanya sekitar 10 menit dari pusat kota Tanjung Pandan dengan kendaraan bermotor. Tidak ada tiket masuk untuk menikmati danau ini. Dan kendaraan bermotor bisa parkir tepat di depan danau mungil ini.  

Di sekitar danau kaolin, tampak juga bukit-bukit yang sedang dieksplorasi. Bukan tidak mungkin di masa mendatang akan banyak terdapat danau seperti ini di ibukota Belitung itu. Tapi tentu saja kita harapkan agar selain dimanfaatkan, alam juga harus kita jaga sebaik mungkin.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : detik.com