Klikbabel.com



Fakta Tentang Sri Mulyani, Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik

Senin, 16 April 2018 | 11:02 WIB Dibaca sebanyak 104 kali
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto : Net

    Klikbabel.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dinobatkan sebagai Menkeu terbaik di Asia Pasifik pada 2018. Penghargaan ini versi majalah keuangan FinanceAsia. Berikut beberapa fakta mengenai Menkeu Sri Mulyani yang dirangkum :


1. Menteri Perempuan Pertama Penerima Best Minister in the World Award

    Penghargaan yang diterima Sri Mulyani termasuk penerima dan perempuan pertama yang mendapatkan penghargaan bergengsi ini di level Asia. Melalui prestasi ini menguatkan kemampuan sumber daya Indonesia yang berdaya saing kuat secara global.  Tidak hanya itu, selain mendapatkan penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia, dia juga pernah mendapatkan sederet penghargaan lain, di antaranya sebagai Menkeu terbaik di Asia 2017 versi Majalah Finance Asia, dan mendapatkan predikat menteri terbaik di dunia.

2. Pintar Mengelola Keuangan Negara

    Sri Mulyani beserta 78.164 jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terlah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. Menurut dia, berbagai upaya reformasi kebijakan telah dicanangkan di Kemenkeu, bertujuan untuk mendorong kebijakan fiskal menuju pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan.

3. Pencapaian Ketika Menjadi Menteri Keuangan

    Selama menjabat sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani sudah membuahkan banyak hasil untuk menjaga dan mengelola keuangan negara.  Menurut Ekonom Indef Bhima Yudhistira, ada beberapa capaian yang patut diapresiasi, seperti soal reformasi birokrasi di Kemenkeu yang bisa direalisasi hingga sekarang. Menurut dia, reformasi birokrasi ini mendukung tercapainya kelembagaan Kemenkeu yang lebih transparan dan bersih. Lalu, kemampuan menjaga defisit anggaran di bawah 3% meskipun defisit anggaran cenderung naik karena pembiayaan infrastruktur, dengan ketegasannya dia mampu menyelamatkan APBN 2017. Ketiga, Sri Mulyani juga menambah terus dana kelolaan pendidikan di Lembaga Dana Pengelola Pendidikan (LPDP) yang nilainya mencapai Rp31 triliun dan 17.000 lebih orang menjadi penerima beasiswa.   

4. Realistis

    Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno juga mengapresiasi penghargaan terhadap Sri Mulyani sebagai menteri terbaik di dunia.Dia menilai bahwa semua kebijakan yang dikeluarkan oleh Sri Mulyani lebih realistis. “Beliau sudah melakukan langkah yang berani, se gala kebijakannya ingin memberikan kepastian usaha di Tanah Air,” ujarnya.
    Pasalnya saat ini kondisi ekonomi nasional telah mencapai fase normalitas baru. Untuk itu dibutuhkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2019-2024 yang juga harus lebih realistis. “Namun kita jangan sampai terlena, tapi tetap kita apresiasi. Jadi jangan terbuai oleh pujian dan jangan menyerah oleh kesulitan,” tegasnya.

5. Berani

    Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh WGS. Forum ini menjadi ajang pertukaran pengalaman dan pengetahuan antara pejabat pemerintah, penentu kebijakan, pakar, dan pimpinan sektor swasta untuk melihat tren masa depan dan implikasinya bagi kemanusiaan.  Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno, menyampaikan beberapa alasan lembaga independen Ernst & Young memilih Sri Mulyani sebagai menteri terbaik di dunia karena langkah maupun kebijakannya yang dinilai cukup berani. Hal tersebut juga memberikan kepastian usaha dan konsistensi dalam segala kebijakannya. “Beliau sudah melakukan langkah yang berani, segala kebijakannya ingin memberikan kepastian usaha di Tanah Air,” tambahnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com