• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


STISIPOL Pahlawan 12 Nganggung Bersama

Sabtu, 14 April 2018 | 10:29 WIB
Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat

    Klikbabel.com, Sungailiat - STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka menggelar tradisi nganggung yang diikuti mahasiswa, dosen, staf beserta jajarannya dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1439 H, di Graha STISIPOL Pahlawan 12, Jumat (13/4/2018) malam.

 

    Ketua STISIPOL Pahlawan 12 Darol Arkom menjelaskan, bahwa tradisi Nganggung merupakan tradisi masyarakat Bangka yang harus dilestarikan. Hal ini  karena tradisi nganggung memiliki nilai-nilai kebersamaan, kegotongroyongan dan persatuan umat. 

 

    "Dalam suasana bangsa saat ini, semua pihak harus terlibat termasuk perguruan tinggi untuk memelihara dan menjaga persatuan agar negara ini tetap kuat," pesannya. Selain itu, kegiatan nganggung sambungnya merupakan tradisi sosial dan budaya bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan dan terus digali nilai-nilainya agar bermanfaat dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. 

 

    "Perguruan tinggi tidak hanya berperan menciptakan generasi yang cerdas secara intelektual tapi juga cerdas secara spiritual melalui internalisasi nilai-nilai sosial dan keagamaan," ujarnya.

 

    Nganggung yang dilaksanakan di STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka kali ini juga menggunakan dulang sebagai wadah makanan baik nasi beserta lauk pauk maupun kue sebagai ciri khas utama Nganggung itu sendiri. Mahasiswa, dosen, staf beserta jajarannya membaur menikmati kebersamaan sekaligus sebagai salah satu sarana penerapan pembelajaran mengenai kearifan budaya lokal. Kegiatan ini dibuka dengan lantunan ayat Suci Al Qur’an, ceramah agama, doa dan menikmati hidangan bersama.

loading...
loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com