Klikbabel.com


Laju IHSG Perkasa

Sabtu, 14 April 2018 | 10:15 WIB Dibaca sebanyak 83 kali
IHSG. Foto : net

    Klikbabel.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (JHSG) menguat selama sepekan. Hal ini didorong kenaikan saham masuk LQ45 dan berkapitalisasi kecil. IHSG ditutup melemah 40,47 poin atau 0,64 persen ke posisi 6.270 pada Jumat 13 April 2018. Akan tetapi, IHSG menguat selama sepekan periode 6 April hingga 13 April 2018.

    Mengutip laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, Sabtu (14/4/2018), IHSG naik 1,5 persen selama sepekan yang didorong saham kapitalisasi besar masuk LQ45. Saham kapitalisasi besar itu naik 1,49 persen. Tak hanya itu, saham kapitalisasi kecil juga reli terutama saham bergerak di komoditas.

    Namun, investor asing masih jual saham selama sepekan. Tercatat aksi jual investor asing mencapai USD 115 juta atau sekitar Rp 1,58 triliun (asumsi kurs Rp 13.757 per dolar Amerika Serikat). Sementara itu, indeks BINDO yang menunjukkan pasar surat utang atau obligasi naik 0,15 persen selama sepekan. Imbal hasil surat utang pemerintah Indonesia bertenor 10 tahun turun 10 basis poin ke posisi 6,5 persen. Investor asing masih catatkan aksi beli di pasar obligasi. Aksi beli investor asing capai USD 16 juta atau sekitar Rp 220,16 miliar.

    Dalam laporan PT Ashmore Assets Management Indonesia, ada sejumlah sentimen pengaruhi pasar keuangan. Dari eksternal, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tampaknya ingin mengubah keputusannya soal Trans-Pacific Partnership (TPP).

    Pada pertemuan anggota parlemen dan gubernur negara bagian, Trump menuturkan sedang mencari cara kembali bergabung dalam perjanjian TPP. Sebelumnya, ia sempat tak mau gabung ke TPP. Peninjauan kembali rencana itu terjadi ketika Trump mengancam untuk mengenakan tarif baru untuk impor barang dari negara lain.

    Selain itu, rilis dari data ekonomi AS juga menjadi sorotan. Harga konsumen di AS naik 2,4 persen menjadi 2,4 persen pada Maret 2018. Angka itu lebih tinggi dari posisi Februari 2018 sebesar 2,2 persen. Ini sesuai harapan pasar. Perdagangan saham global pun sempat menguat pada pekan ini. Hal itu didorong sentimen kekhawatiran perang dagang mereda. Presiden China Xi Jingpin berjanji menurunkan tarif impor produk. Ia sampaikan hal itu di forum Boao.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : KLikbabel.com