• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


IHSG Bisa Melemah Lagi

Jumat, 13 April 2018 | 08:56 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

    Klikbabel.com, Jakarta - Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) sepertinya belum dapat kembali menguat. Pasalnya, pelaku pasar kembali panik berlebihan menanggapi imbas dari komentar Presiden Trump dalam Twitternya.
    
    Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, disisi lain, pelaku pasar juga memanfaatkan kenaikan sebelumnya untuk kembali profit taking. Diharapkan pelemahan dapat lebih terbatas untuk menahan pelemahan lebih lanjut. “Diperkirakan IHSG akan berada di kisaran batas bawah (support) 6.285-6.296 dan batas atas (resisten) 6.325-6.356,” ujarnya di Jakarta, Jumat (13/2).

    Reza menjelaskan, adanya sentimen positif dari laporan Bank Dunia terhadap potensi bertumbuhnya ekonomi Asia Timur dan Pasifik dimana Indonesia termasuk negara yang diproyeksikan akan mengalami peningkatan pertumbuhan di tahun ini, tidak juga dapat menghalangi aksi jual masif pelaku pasar. “Aksi jual kembali muncul terimbas pelemahan bursa saham global menyusul respons negatif pernyataan Trump dalam Twitternya terkait ejekan maupun sindiran ke Rusia terhadap Suriah,” tuturnya.

    Di sisi lain, dari dalam negeri juga terdapat sentimen yang menahan potensi kenaikan IHSG seperti rilis Survey Bank Indonesia yang mengatakan Pada kuartal I 2018, sektor konstruksi berada di level minus 0,52. Padahal, kata dia, di kuartal IV 2017, konstruksi tumbuh di level 0,03. Sementara pada kuartal I 2017, konstruksi turun 0,35. Konstruksi yang menurun ini berbanding terbalik dengan pemerintah yang gencar melakukan pembangunan infrastruktur. Penurunan sektor ini diikuti beberapa sektor lainnya. “Tetap waspadai terhadap sentimen-sentimen yang dapat membuat IHSG melemah lebih lanjut,” tandasnya.

 

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com