Klikbabel.com


Harga Cabai Turun tapi yang Beli Berkurang

Jumat, 13 April 2018 | 11:37 WIB
Yono, Pedagang Cabai di Pasar Kite Sungailiat. Foto : Rama/Klikbabel.com

    Klikbabel.com, Sungailiat - Harga cabai rawit (kecil) di Pasar Kite Sungailiat, Kabupaten Bangka, menjelang akhir pekan ini kembali bergejolak. Cabai rawit pedas yang sebelumnya sempat menembus harga Rp 65.000 hingga 70.000 perkilogramnya, akhirnya turun diangka Rp 60.000 perkilogram.

    Sedangkan untuk cabai keriting (besar) saat ini berkisar diharga Rp 42.000 perkilogram yang sebelumnya sempat menyentuh harga Rp 60.000 hingga Rp 65.000 perkilogram. ''Harga cabai sudah kembali turun. Kemarin untuk cabai kecil itu dalam minggu ini sempat juga menyentuh harga 65 hingga 70 ribu perkilo,'' jelas Yono, pedagang cabai di Pasar Kite Sungailiat, kepada klikbabel.com, Jumat (13/4/2018).

    Yono juga mengatakan, meskipun harga terbilang turun, pedagang masih menganggap harga cabai ini tinggi, karena naiknya harga ini juga berpengaruh pada penjualan. Kenaikan tersebut juga sedikit banyak berdampak pada penjualan yang belakangan mulai sepi pengunjung. ''Kalau yang beli sekarang berkurang. Karena harganya tinggi menurut mereka,''ungkapnya.

    Selain itu menurut Yono, naik turunnya harga cabai juga ditenggarai kuantitas cabai dari pemasok. Hingga saat ini mereka juga merasakan kekurangan pasokan dari para distributor. Dilanjutkannya lagi, harga cabai bisa turun apabila stok juga melimpah. Mereka juga tidak dapat menurunkan harga seperti sebelum terjadinya gejolak harga saat ini, karena juga harus memikirkan modal. ''Semogalah kedepan stok banyak, jadi harga dapat turun. Kita juga gak bisa berbuat banyak, kalau stok sedikit pastinya modal juga harus banyak,''tutupnya.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com