Klikbabel.com


Babel Mampu Penuhi 50 Persen Produksi Cabai Rawit

Jumat, 13 April 2018 | 14:46 WIB Dibaca sebanyak 89 kali
Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung (Babel), Zola Lienna (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung (Babel), Zola Lienna mengungkapkan Provinsi Babel saat ini mampu memenuhi kebutuhan cabai rawit di daerah berkisar 50 persen. 

"Cabe ini juga 50 persen sudah bisa kita produksi dalam daerah. Sisanya 50 persennya masih kita datang dari luar daerah seperti Pulau Jawa ataupun Pulau Sumatera," kata Zola kepada Klikbabel.com, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, cabai rawit yang diproduksi Babel juga telah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.  "Saya rasa sudah mencapai target untuk bisa memenuhi kebutuhan di dalam daerah," ucapnya. 

Zola juga menjelaskan, salah satu upaya yakni melakukan pembibitan tanaman holtikultura, di mana hal ini telah difasilitasi oleh Bank Indonesia  khususnya budidaya cabai rawit di Babel.  "Kemarin di Pulau Belitung kemudian di Bangka Tengah juga. Hal itu bekerja sama dengan Bank Indonesia," jelas Zola. 

Zola juga menuturkan, penanaman cabai rawit selain untuk memenuhi kebutuhan cabai di dalam daerah juga untuk menjaga kestabilan harga di pasaran.  "Jadi dapat menjaga stabilisasi harga agar harga itu tidak terlalu tinggi. Tetapi sebenarnya kejadian harga cabe ini sering berulang naik turun. Terutama pada waktu tertentu.  Jika kita bisa produksi sendiri, tentu juga akan mengurangi biaya pengiriman. Kita akan terus berupaya melakukan hal itu," imbuhnya. 



Penulis  : Yodea
Editor    : Suci
Sumber : Klikbabel.com