• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Rupiah Masih Rentan Sentimen Negatif

Kamis, 12 April 2018 | 10:18 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

    Klikbabel.com, Jakarta - Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) yang kembali melemah memberikan gambaran masih rentannya laju rupiah dalam merespon sentimen yang ada. Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, penguatan laju EUR memungkinkan pelaku pasar kembali meningkatkan minatnya terhadap EUR sehingga Rupiah diperkirakan masih akan cenderung tertahan.

    “Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran pada kisaran batas bawah (support) 13.765 dan batas atas (resisten) 13.750,” ujarnya di Jakarta, Kamis (12/4). Reza menjelaskan, pergerakan rupiah kembali berbalik melemah tipis pasca terapresiasi. “Melemahnya kembali USD terhadap sejumlah mata uang utama lainnya tampaknya kurang memberikan trigger positif pada pergerakan Rupiah,” imbuhnya.

    Menurutnya, melemahnya laju USD terimbas sentimen dari pernyataan pejabat ECB yang menyampaikan rencananya untuk mengurangi pembelian obligasi hingga akhir tahun ini. Laju EUR kembali terapresiasi sehingga pelaku pasar meningkatkan minatnya terhadap EUR. Sehingga, lanjutnya, laju rupiah yang sebelumnya terapresiasi berbalik melemah. Adanya sejumlah sentimen positif dari dalam negeri tampaknya belum banyak berimbas pada pergerakan rupiah.

    “Diharapkan sentimen dapat lebih positif untuk menahan pelemahan yang terjadi. Tetap cermati dan waspada terhadap sentimen yang membuat laju rupiah kembali tertahan kenaikannya,” tandasnya.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Jawapos.com