Klikbabel.com


Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,3% di 2018 dan 2019

Rabu, 11 April 2018 | 11:42 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

    Klikbabel.com, Jakarta - Asian Development Bank (ADB) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,3% pada tahun 2018 dan 2019. Pertumbuhan ekonomi nasional ditopang perbaikan investasi dan konsumsi rumah tangga.

    "Manajemen makro ekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi," kata Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia Winfried Wicklein di Jakarta, Rabu (11/4/2018). Dia mengatakan, laju investasi akan meningkat sejalan dengan membaiknya sentimen bisnis di Indonesia. Hal ini didorong percepatan proyek strategis nasional. "Dengan berlanjutnya upaya reformasi, Indonesia dapat mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dan inklusif," ujar dia.

    Inflasi rata-rata tahun 2017 sebesar 3,8% dan diperkirakan akan stabil tahun ini. Lalu, naik 4,0% di tahun 2019. Hal itu, kata dia, akan mendukung kepercayaan konsumen dan membantu mempertahankan pengeluaran rumah tangga dan pendapatan riil tahun ini dan tahun depan. Dia mengatakan, risiko yang akan dihadapi Indonesia antara lain mencakup perkembangan kebijakan moneter di negara maju dan ketegangan perdagangan internasional.

    Sementara, pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2017 sebesar 5,1%. Menurutnya, pertumbuhan itu didorong oleh naiknya pertumbuhan ekspor, menguatnya investasi, dan konsumsi rumah tangga.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Detik.com