Klikbabel.com


Desa Cendil Wakili Beltim

Rabu, 11 April 2018 | 12:04 WIB
Sekda dan ketua tim saat meninjau produk unguulan desa. Foto : Babelprov.go.id

    Klikbabel.com, Kelapa Kampit - Desa Cendil Kecamatan Kelapa Kampit menjadi wakil Kabupaten Belitung Timur dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018. Jika berhasil menjadi pemenang tingkat provinsi, Desa Cendil yang berpenduduk 1.547 jiwa dengan 546 kepala keluarga ini akan memperoleh uang pembinaan senilai Rp 35 juta dan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Lomba Desa Tingkat Nasional.  

    Untuk mengetahui bagaimana kondisi dan inovasi Desa Cendil, Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (9/4/2018) menyambangi desa dengan luas wilayah 10.640 hektar ini untuk melakukan penilaian. Kepala Desa Cendil, Maman Suhermanto mengungkapkan, desa yang dipimpinnya siap bersaing dengan pemnang lomba desa kabupaten/kota lainnya dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018. Menurut Maman, berbagai inovasi pelayanan dikembangkan oleh aparat Desa Cendil seperti pelayanan administrasi door to door, mengantar Ranstra langsung ke rumah masyarakat, bantuan bagi siswa-siswi, mahasiswa, dan atlet berprestasi, serta pelayanan kesehatan gratis.

    “Kita juga mempunyai kegiatan ambulan desa, dimana masyarakat yang tidak mempunyai kendaraan akan kita antar berobat ke Puskesmas Kelapa Kampit. Kita juga sedang melakukan pengembangan pariwisata desa, dengan andalan Hutan Kerangas dan Pulau Kran,” ungkap Maman. Selain itu lanjut Maman, Desa Cendil juga mempunyai berbagai produk unggulan seperti terasi mengguru, lingking pisang, dodo kacang hijau, kerajinan dari bahan dasar anyaman, madu hutan/teran, dan teh sapu-sapu.

    Sekretaris Daerah Beltim, Ikwan Fahrozi mendukung Desa Cendil untuk menjadi juara desa terbaik. “Saya lihat Desa Cendil ini termasuk desa yang cepat berkembang yang itu didukung dengan inovasi pelayanan, produk unggulan, serta tingginya partipasi masyarakat dalam pembangunan,” kata Ikhwan. Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi, Akhmad Karnolus mengatakan berbagai aspek atau kriteria penilaian menjadi acuan pihaknya untuk menentukan desa yang akan menjadi pemenang. sangat tinggi. Tentu saja hal itu ditopang dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten/kota, dan OPD terkait yang mewadahi pemerintahan desa.

    Dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kepulauan Babel ini, yang menjadi langganan pemenang lomba desa tingkat  provinsi setiap tahunnya didominasi oleh  Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka, dan Bangka Tengah.  yang selalu langganan juara lomba desa. Sejak Kabupaten Beltim berdiri, tercatat sudah 3 desa yang berhasil mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Desa Gantung dan Desa Buding sudah menjuarai lomba desa berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017. Bahkan Desa Simpang Pesak Tahun 2013 lalu sempat menjadi juara nasional dan diboyomg ke Istana Negara.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Babelprov.go.id