Klikbabel.com


Konsumsi Kopi di Pagi Hari Bisa Turunkan Berat Badan

Selasa, 10 April 2018 | 09:29 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

    Klikbabel.com, Jakarta - Jika Anda tak dapat memulai pagi tanpa secangkir kopi maka ada berita baik untuk Anda. Seorang ahli gizi, Sarah Flowers mengatakan bahwa konsumsi kopi secara rutin di pagi hari dapat membantu tubuh menurunkan berat badan.

    Flowers mengatakan, selama ini orang menganggap kopi hanya dapat meningkatkan konsentrasi. Padahal kopi juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga membantu membuat tubuh menjadi langsing. "Konsumsi secangkir kopi di pagi hari dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan merangsang thermogenesis, yang pada gilirannya untuk membakar lebih banyak lemak," ujar Flowers.

    Selain merangsang metabolisme, kopi kata Flowers juga mengandung Chlorogenic acid yang mampu memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak. Tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi kopi, karena ternyata tubuh akan kebal terhadap pembakaran lemak sehingga manfaat penurunan berat badan tak akan kita dapatkan. Sebaliknya, Flowers menyarankan Anda untuk menyeruput satu hingga dua cangkir sehari di pagi hari untuk mendapatkan manfaat ini.

    "Kopi juga bisa mengurangi nafsu makan. Meskipun bukan pengganti makanan, kopi dapat merangsang thermogenesis yang pada gilirannya mengurangi selera Anda untuk makan," ujar Flowers. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Epidemiology terhadap 93.000 responden, kebiasaan konsumsi kopi dapat menurunkan tingkat obesitas dan diabetes tipe 2. Namun, penting untuk dicatat bahwa penurunan berat badan ini terjadi pada mereka yang mengonsumsi kopi hitam bukan frappuccino manis



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Suara.com