Klikbabel.com


Rekrutmen CPNS Usai Pilkada Serentak

Senin, 09 April 2018 | 15:53 WIB Dibaca sebanyak 228 kali
Ilustrasi. Foto : Net

    Klikbabel.com, Jakarta - Pemerintah kembali memanggil putra-putri terbaik Indonesia untuk mengabdi kepada negara dengan menjadi Aparat Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) melalui Rekrutmen CPNS 2018. Rekrutmen akan dilaksanankan setelah Pilada Serentak Juni 2018 mendatang.

    "Pelaksanaannya setelah Pilkada. Sekarang sedang berjalan prosesnya (evaluasi dan penghitungan formasi)," kata Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman kepada JawaPos.com, Senin (9/4). Meski demikian, kata Herman, Kemenpan-RB belum menetapkan formasi CPNS dan mengumumkan jumlah kebutuhan tiap-tiap instansi kementerian atau lembaga. Dirinya meminta publik menunggu pengumuman resmi dari pemerintah.

    Menurut Herman, saat ini pihaknya masih memvalidasi data-data terkait penerimaan CPNS 2018. Hal itu mencakup evaluasi kapasitas instansi dan menghitung formasi yang dibutuhkan instansi tersebut.  "Semua aspek diperhitungkan baru ditetapkan. Kan tidak asal menetapkan formasi, tapi dicek kembali. Jadi penetapan formasi dari Kemenpan itu betul-betul sesuai dengan kebutuhan obyektif dan sesuai dengan kapasitas instansi," papar Herman.

    Sebelumnya, Menteri PAN-RB Asman Abnur menargetkan perhitungan kebutuhan CPNS sudah harus ditetapkan pada Mei 2018. Karena itu, dia menginginkan agar perhitungan dirampungkan sebelum bulan Mei. "Jadi secara hitung-hitungan kita akan kelarkan sebelum bulan Mei. Jadi nanti kita berharap bulan Mei sudah bisa kita tetapkan termasuk untuk kebutuhan formasi untuk daerah," kata Asman beberapa waktu lalu.

 



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com