Klikbabel.com


14 Desa Belum Miliki BUMdes

Senin, 09 April 2018 | 14:31 WIB Dibaca sebanyak 133 kali
Sosialisasi mengenai BUMDes oleh Pemkab Bangka. Foto : Ist

    Klikbabel.com, Sungailiat - Pemerintah Kabupaten Bangka menargetkan seluruh desa agar mempunyai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Kepala dinas Sosial dan Pemdes Kabupaten Bangka Arman Agus menjelaskan, dari 62 desa di Kabupaten Bangka, masih tersisa 14 desa yang belum memiliki Bumdes dan ditargetkan pada Agustus 2018 seluruh desa di Kabupaten Bangka sudah harus terbentuk. ''Hingga saat ini sudah terdapat 48 Bumdes di Kabupaten Bangka, yang bergerak diberbagai bidang usaha,''ungkapnya, Senin (9/4/2018) melalui siaran persnya.

    Ia melanjutkan, pemberdayaan kembali Bumdes dengan menghidupkan usaha yang ada di desa tersebut, secara ril dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa. ''Bumdes dapat menghidupkan kegiatan perekonomian masyarakat, dan akhirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat,'' terangnya. Pada tahun ini Gubernur Bangka Belitung juga akan memberikan Rp 100 juta bagi setiap desa untuk pengembangan BUMdes tersebut, dan melalui bantuan yang nanti diterima, diharapkan dapat lebih menggerakkan kegiatan usaha di desa.

    Sekretaris daerah (Sekda) Bangka, Akhmad Mukhsin juga mengatakan, hal tersebut juga sudah menjadi komitmen Pemkab Bangka dalam tahun ini seluruh desa sudah terbentuk BUMdes ini. ''Tersisa 14 desa yang belum memiliki Bumdes di kabupaten Bangka semoga tahun 2018 ini bisa terbentuk,''harapnya. Sementara itu, sebelumnya juga digelar Rapat koordinasi (Rakor) oleh Dinas Sosial dan Pemdes (Dinsospemdes) Bangka bersama Direktur BUMdes dan Kepala Desa se Kabupaten Bangka yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa melalui Bumdes di OR Bangka Bermartabat, Kantor Bupati Bangka.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com