Klikbabel.com


Pemkab Bangka Gelar Diseminasi HAM bersama Guru dan Pelajar

Rabu, 04 April 2018 | 12:50 WIB Dibaca sebanyak 134 kali
Suasana kegiatan diseminasi HAM yang digelar Pemkab Bangka. (Foto : ist)

Klikbabel.com,Sungailiat - Kegiatan Diseminasi HAM digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama Bagian Hukum dan HAM Setda Bangka yang diperuntukkan bagi guru, Komite Sekolah, Pengurus OSIS SMA/SMK/MA se-kabupaten Bangka.

Asisten Pemerintah dan Kesra Sekda Bangka, Tedy Sudarsono dalam sambutannya mengatakan, diseminasi yang diselenggarakan ini dalam rangka memberikan pemahamanan kepada para peserta bahwa Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan hak yang diberikan langsung oleh Tuhan.

Tedy juga menyampaikan, jika seseorang melakukan sesuatu yang melanggar HAM, maka ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. ''Dalam pasal 31 ayat 3 UUD 45 menyebutkan bahwa pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan Undang-undang," jelasnya, Selasa (3/4/2018) kemarin.

Ia melanjutkan, pada pasal 12 Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 juga menyebutkan bahwa, setiap orang berhak atas perlindungan bagi pengembangan pribadinya, untuk memperoleh pendidikan, mencerdaskan dirinya, dan meningkatkan kualitas hidupnya agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa, bertanggung jawab.

''Pendidikan HAM sejak dini sangat perlu agar dapat memberikan pengertian dan wawasan kepada seluruh masyarakat tentang arti pentingnya memahami hak-hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap hak asasi manusia," tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com / release