• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Stisipol Pahlawan 12 Bangka Eksplorasi Wisata Pulau Kalapan

Senin, 02 April 2018 | 08:46 WIB
Family Gathering Stisipol Pahlawan 12. Foto : Ist

    Klikbabel.com, Sungailiat - Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIPOL) Pahlawan 12 Sungailiat Bangka mengadakan kegiatan eksplorasi potensi wisata Bangka Belitung, Jumat (30/3/18) lalu. Kegiatan yang diikuti oleh dosen dan staf Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat ini berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 30-31 Maret 2018.

    "Kita kunjungi salah satu daerah wisata yang sangat menakjubkan terdapat di wilayah Bangka Selatan yaitu Pulau Kelapan Kecamatan Lepar Pongok," ungkap Ketua Stisipol Pahlawan 12 Sungailiat Bangka, Dr. Darol Arkum, Minggu (1/4/18). Dikatakan Darol Arkum yang asli Desa Tirem Bangka Selatan, rombongan juga mengunjungi juga berkunjung ke daerah sekitar seperti Desa Penutuk, Desa Tanjung Labu, Desa Tanjung Sangkar, Sadai, dan Tukak untuk mengamati potensi dan keadaan sosial serta ekonomi masyarakat pesisir.

    "Pulau Kelapan memiliki potensi wisata yang luar biasa khususnya untuk kegiatan snorkling.  Daerah ini memilik air laut yang jernih dengan potensi karang yang beragam dan natural," terang Darol. Diakui Darol juga, kegiatan ini bertujuan mengajak seluruh insan akademika STISIPOL Pahlawan 12 untuk mengenal dan menikmati potensi wisata alam Bangka Belitung secara langsung. Selain itu  akan menjadi bahan dan referensi penting bagi dunia akademik untuk kepentingan pengembangan kegiatan pendidikan, penellitian, dan pengabdian pada masyarakat.

    "Kami mendapatkan banyak inspirasi dan referensi yang sangat berharga dari kegiatan ini untuk memformulasikan berbagai bentuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi nyata yang akan kami kembangkan di kampus kepada masyarakat dan Pemerintah daerah ke depan," jelasnya.

    Daerah Pulau Kelapan ungkap Darol lagi memiliki keunggulan bagi masyarakat wisata yang menggemari kegiatan snorkling karena keadaan air lautnya yang jernih dan potensi karang yang beragam dan terjaga dengan baik. Namun demikian, potensi kekayaan alam tersebut harus dipacu melalui intervensi kebijakan oleh Pemerintah daerah dan pemerintah daerah perlu bekerja keras untuk mempromosikan dan mengembangkan kekayaan potensi wisata tersebut. Tugas terpenting Pemerintah lainnya adalah mengembangkan potensi sosial dan ekonomi masyarakat daerah wisata agar terbangunnya model pembangunan Pariwisata partisipatif dengan melibatkan seluruh stakeholders. "Tujuan utama pembangunan pariwisata harus memberikan dampak kesejahteraan sosial ekonomi bagi masyarakat sekitar," tutup Darol.

 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com