Klikbabel.com


Harga Cabai Tinggi, Pedagang dan IRT Lakukan Ini

Sabtu, 31 Maret 2018 | 15:15 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Harga cabai pada akhir bulan Maret ini masih tinggi. Harga cabai merah berada di angka Rp50 ribu perkilogram sedangkan untuk cabai rawit berada di angka Rp70 ribu perkilogram. Harga ini memusingkan pedagang maupun konsumen. Nursita, salah seorang pedagang yang berlapak di Pasar Pembangunan Pangkalpinang mengungkapkan, harga cabai saat ini masih tinggi walaupun cenderung stabil namun keadaan ini membuatnya sedikit susah dalam menjajakan cabai daganganya.

 

    "Harganya yang merah itu Rp50 ribu dan yang rawit Rp70 ribu perkilogram, memang harganya cenderung stabil di angka segitu namun harga ini masih terlalu tinggi dan membuat saya agak susah menjajakan cabainya karena orang-orang juga belinya sedikit-sedikit," jelasnya kepada Klikbabel.com Sabtu (31/3/2018).

    Cabai yang tidak habis membuatnya sedikit memutar otak agar cabai-cabai tersebut bisa dijual kembali dengan cara mengeringkan atau di jual ke tempat penggilingan bumbu. "Penjualan juga menurun dan kalau ada cabai yang tidak habis yang sudah lama-lama itu paling kita keringkan atau kita jual ke tempat-tempat penggilingan bumbu, yah biar uangnya bisa muter lah,"jelasnya.

Nursita pun berharap pemerintah bisa mengatasi lonjaknya harga cabai agar harga cabai lebih turun lagi dan tetap stabil. "Harga cabai lebih turun lagi lah dan pemerintah juga bisa mengatasi hal ini," harapnya.Sementara itu Ida seorang ibu rumah tangga memberi tanggapan jika harga cabai sekarang terlalu tinggi untuk masyarakat kecil, dan Ida lebih memilih untuk mengurangi pemakaian cabai untuk memasak dan lebih memilih memilih bumbu instan. "Harganya terlalu tinggi untuk masyarakat kecil, saya sekarang lebih mengurangi cabai untuk masak dan berpindah ke bumbu-bumbu instan atau beli bumbu yang sudah di giling," tuturnya.

 



Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com