Klikbabel.com


Kementan Ingin Babel jadi Pusat Lada

Rabu, 28 Maret 2018 | 12:27 WIB
Ilustrasi. Foto : Net

    Klikbabel.com, Pangkalpinang - Kementerian Pertanian (Kementan) RI menginginkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi daerah pusat pertanian lada. Tak hanya motivasi semangat diberikan Kementan, pasalnya sejumlah bantuan pertanian bakal masuk ke Babel.

    Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, sudah ada persetujuan dari Kementan RI untuk menganggarkan dana bagi pengembangan daerah pusat pertanian lada di Babel.  “Dana tersebut diperuntukan membeli enam juta bibit lada, dan penganggaran dilakukan Kementan tahun depan,” kata Gubernur Erzaldi usai bertemu Menteri Pertanian RI Amran Sulaiman di kantornya, Selasa (27/3/2018).

    Bangka Belitung akan terus mendapatkan bantuan bibit lada dari Kementerian Pertanian. Gubernur Erzaldi menjelaskan, tambahan bibit lada ini atas pertimbangan keunggulan koparatif Babel sebagai pusat lada dunia. Ternyata keinginan Kementan tak hanya menjadikan Babel sebagai pusat lada dunia. Pasalnya daerah penghasil lada dengan brand Muntok White Pepper ini juga bakal menjadi tempat penelitian tentang tanaman lada.

    Berangkat dari persoalan tersebut, kata Gubernur Erzaldi, pemerintah daerah diminta untuk tetap fokus melakukan pengembangan lada. Sehingga selain potensi wisata alam, nanti Babel juga bisa mengembangkan potensi agrowisata. “Mentan juga akan membantu permodalan perkebunan lada melalui KUR. Ke depan pertanian lada akan menjadi komoditi unggulan bagi Bangka Belitung, hal ini sudah mendapatkan dukungan pemerintah pusat,” kata Gubernur Erzaldi optimis.



Penulis  : Hairul Asther
Editor    : A. Hairul
Sumber : Babelprov.go.id