• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


5 Fokus Pusat untuk Pertanian Babel

Rabu, 28 Maret 2018 | 12:19 WIB
Forum Perencanaan Pembangunan Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019 yang di selenggarakan di Cordella Hotel, Rabu (28/3/2018). Foto : Dinda/Klikbabel.com

    Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah pusat memfokuskan 5 hal dalam membangun pertanian di Bangka Belitung (Babel). Kelima fokus itu yakni, pengembangan lahan rawa, padat karya, masyarakat miskin, sumber air dan rempah-rempah. Demikian disampaikan Perwakilan Biro Umum dan Perencanaan Sekjen Kementan Zainul Asmi pada kegiatan Forum Perencanaan Pembangunan Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2019 yang di selenggarakan di Cordella Hotel, Rabu (28/3/2018).

    Zainul merinci, pemanfaatan lahan rawa ialah menjadikan lahan pertanian agar lahan itu menghasilkan, dan juga sumber air yang banyak di lahan rawa. "Untuk fokus yang akan kita lakukan infrastruktur pembangunan kita yang memanfaatkan dari lahan rawa sehingga lahan rawa itu bisa menghasilkan karena terget kita 1 juta hektar," ungkapnya. Sedangkan padat karya kata dia, demi menyerap tenaga kerja yang berkompeten. "Dan untuk masyarakat miskin sehingga mensejahterakan masyarakat, seperti memberikan pekerjaan kepada mereka dengan program- program yang akan kita lakukan," katanya.

    Untuk sumber air masih menurut Zainul, menjadi fokus utama dalam pertanian dan berusaha untuk mendapatkan sumber air yang baik. "Sumber air kerena kita butuh dan ini memang agak susah karena sebagian besar dari jalan desa itu sudah habis, karena jalan-jalan itu sebenarnya bisa menjadi sumber air," terangnya. Dan terakhir demi membangkitkan lagi rempah-rempah, pihak pemerintah lebih fokus untuk pembenihan rempah-rempah. "Dan terakhir rempah-rempah, untuk perkebunan akan fokus ke pembenihan remoah-rempah seperti lada dan juga kopi dan kakao," katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Dinda A. Tiantie
Editor    : A. Hairul
Sumber : Klikbabel.com