Klikbabel.com


BPOM Babel Tegur TJ Mart Toboali Gara-gara Kornet Babi

Selasa, 27 Maret 2018 | 15:01 WIB Dibaca sebanyak 317 kali
Kornet daging babi Merk Ma Ling di mini market TJ Mart Toboali. (Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI bekerja sama dengan BPOM Babel, Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu, Perindustrian dan Perdagangan (DPMPTSP-Perindag) Basel, dan Dinkes Basel pada Selasa Siang, Selasa (27/3/2018) menggelar sidak Sarden ke beberapa Mini Market di Toboali.

Sidak tersebut dilakukan menyusul adanya tiga produk sarden impor yang mengandung cacing pita dan sudah ditarik dari pasaran. Dalam sidak di salah satu mini market yakni Teman Jaya (TJ) Mart Toboali, petugas BPOM tidak menemukan sarden yang dimaksud, namun petugas menemukan kornet daging babi merk Ma Ling yang ditaruh bercampur dengan kornet daging sapi.

Hal tersebut sontak membuat BPOM yang melakukan sidak menegur dan meminta pemilik mini market tersebut untuk segera memisahkan sarden tersebut dan memasang tulisan bahwa produk tersebut mengandung babi agar masyarakat yang tidak mengkonsumsi produk tersebut tidak salah membeli.

"Kornet daging babi ini memang tidak dilarang untuk diperjualbelikan, namun harus dipisah dari kornet daging sapi dan tolong dikasih tulisan mengandung daging babi agar masyarakat yang tidak mengkonsumsinya tidak salah beli nantinya," pinta Kepala BPOM Babel Hermato kepada Pemilik TJ Mart Toboali.

Menurutnya, pihaknya akan terus melakukan pengawasan secara kontinyu terhadap produk makanan yang dijual di pasaran agar dapat memberikan jaminan layak konsumsi kepada masyarakat. Mendengar Permintaan dari BPOM tersebut, Afah sang Pemilik TJ Mart Toboali langsung meminta Pramuniaganya untuk segera memindahkan produk bertuliskan mengandung babi tersebut.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com