Klikbabel.com


Patut Ditiru, Selepas Jalan Sehat Peserta Kumpulkan Sampah

Minggu, 25 Maret 2018 | 20:51 WIB Dibaca sebanyak 166 kali
Pembagian hadiah kepada anak-anak peduli sampah. (Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Perayaan acara puncak peringatan hari jadi ke-15 Kabupaten Bangka Selatan (Basel) disemarakan oleh ribuan warga yang turun ke jalan. Dari rakyat hingga pejabat ramai-ramai mengikuti jalan santai sambil mengumpulkan sampah di sepanjang jalan Sudirman, Minggu (25/3/2018).

Kegiatan aksi bersih-bersih dimulai dari pantai Nek Haji, dimulai pukul 06.15 dan berakhir sekitar 09.O0 WIB. Selanjutnya sampah yang terkumpul tersebut diangkut ke TPA.

Ekawati Justiar Ketua Tim Penggerak PKK Basel mengungkapkan, berdasarkan hasil penimbangan yang dilakukan petugas kebersihan, total sampah yang terkumpul seberat 379 kilogram. Menurutnya sampah yang terkumpul tersebut pada umumnya berasal dari sampah rumah tangga baik organik dengan 105 kilogram maupun anorganik dengan berat 229 kilogram.

“Tidak banyak acara seremonial, sederhana namun semua peserta yang terlibat tampak cukup bersemangat, akrab dan menikmati. Jumlah sampahnya sedikit tidak seperti tahun lalu. Mudah-mudahan dengan sedikitnya sampah yang terkumpul berarti masyarakatnya sudah mulai sadar tidak membuang sampah sembarangan," ungkapnya.

Menurut Istri Bupati Basel tersebut, suksesnya penyelenggaraan kegiatan tersebut tidak lepas dari peran para pemuda pejuang lingkungan yang ada di Kabupaten Basel yang tergabung dalam komunitas Bank Sampah Kabupaten Basel.  

Ia berharap kepada semua lapisan masyarakat agar selelu peduli terhadap sampah dalam rangka untuk mendukung program pemerintah bebas sampah 2020.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com