• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Lagi PMS? Ini Makanan yang Cocok Dikonsumsi oleh Wanita

Sabtu, 24 Maret 2018 | 10:59 WIB
Ilustrasi. (Foto : net)

Klikbabel.com,Jakarta - Perubahan suasana hati, seperti perasaan sedih yang datang tiba-tiba, adalah gejala yang umum saat pre menstrual syndrome atau PMS. Daripada uring-uringan, kenapa tak mencoba mengatasi suasana hati tak menentu ini dengan mengonsumsi makanan yang bisa bikin bahagia? Dilansir dari laman Boldsky, makanan-makanan berikut bisa membuat hati Anda menjadi lebih bahagia, lho.

1. Kelapa
Kelapa maupun produk turunannya dikemas memiliki asam lemak rantai menengah yang bagus untuk kesehatan otak sekaligus dapat meningkatkan suasana hati. Selain itu, makanan yang diolah dari kelapa biasanya memiliki citarasa yang gurih dan lezat karena kandungan lemaknya itu.

2. Cokelat
Siapa tak suka cokelat? Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 100 gram cokelat hitam sudah cukup untuk mengurangi kadar kortisol dan katekolamin dari tubuh yang keduanya sama-sama merupakan hormon pemicu stres. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau menyeduhnya dalam bentuk minuman cokelat panas.

3. Bayam
Sayuran hijau ini dikenal sebagai sumber kalsium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tapi, siapa sangka bayam ternyata juga dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda.

4. Telur
Selain kaya akan protein, telur juga mengandung asam lemak, vitamin, dan omega-3 yang menurut penelitian dapat meningkatkan suasana hati. Perut kenyang, hati pun senang usai mengonsumsi telur.

5. Tomat
Kulit tomat kaya akan lycopene, senyawa antioksidan yang bisa menimbulkan keajaiban pada otak Anda. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun saat melahap tomat karena dapat meningkatkan penyerapan lycopene dalam tubuh. Jadi, konsumsi tomat jika Anda berada dalam suasana hati yang buruk, ya!

6. Madu
Madu mengandung senyawa kaempferol dan quercetin, yang menjaga otak Anda tetap sehat dan menjaga suasana hati tetap stabil. Madu juga lima kali lebih manis dari gula biasa, sehingga bahan makanan ini merupakan cara efektif untuk mendapatkan rasa manis yang sama dalam jumlah yang relatif kecil.

7. Yoghurt
Yoghurt dikenal sebagai salah satu jenis makanan sehat yang kaya akan kalsium. Banyak penelitian mengungkap kehebatan yogurt dalam membuat suasana hati menjadi lebih baik setelah mengonsumsinya. Tapi, jangan pilih yogurt bertopping yang berlemak tinggi, ya. Karena berdasarkan hasil penelitian di Wageningen UR Food & Biobased Research di Belanda, yogurt yang rendah lemaklah yang paling efektif sebagai mood booster.

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : suara.com